Ribuan Warga Bali Turut Melepas Keberangkatan Raja Salman

Oleh: Addi M Idhom - 12 Maret 2017
Dibaca Normal 1 menit
Keberangkatan Raja Salman menuju Jepang menarik animo ribuan warga Bali untuk menyaksikan iring-iringan kendaraan pemimpin Kerajaan Arab Saudi itu di kawasan sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai.
tirto.id - Ribuan warga Bali ikut melepas keberangkatan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menuju ke Jepang siang ini. Sambutan warga itu muncul sebelum Pesawat Raja Salman lepas landas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali menuju Jepang pada Pukul 11.15 WITA, Minggu (12/3/2017).

Sebagaimana informasi yang dikumpulkan Antara, ribuan warga Bali berdiri di pinggir jalan dari Nusa Dua menuju Base Ops Pangkalan Udara I Gusti Ngurah Rai di Kuta, Kabupaten Badung, tempat pesawat Raja Salman akan bertolak menuju ke Negeri Sakura.

"Saya ingin melihat rombongan lebih dekat, syukur-syukur Rajanya buka-buka jendela mobilnya," kata Nurhayati, seorang warga kawasan Tuban, Kuta, Bali

Nurhayati mengaku rela menutup sementara lapak dagangnya demi melihat iring-iringan Raja Salman. "Jarang-jarang kan saya bisa lihat Raja Arab, walaupun hanya kelihatan mobilnya saja tetapi saya senang sekali."

Nurhayati bersama warga lainnya antusias menunggu rombongan Raja Salman melewati jalan Base Ops Lanud Ngurah Rai menuju bandara. Saat irin-iringan kendaraan Raja Salman melintas, mereka mengelu-elukan sang raja sambil melambaikan tangan ke mobil-mobil mewah yang mendapatkan kawalan ketat aparat keamanan.

Aparat gabungan TNI-Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pecalang (petugas keamanan adat khas Bali) berjaga di antara ribuan warga yang berjejer di pinggir jalan untuk melepas keberangkatan Raja Salman.

Raja Salman dan rombongan tiba di pintu barat Base Ops Lanud Ngurah Rai sekitar pukul 10.50 WITA. Ia kemudian disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kepala Polda Bali Irjen Petrus Golose dan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko. Para pejabat itu mewakili pemerintah untuk melepas keberangkatan Raja Salman ke Jepang.

Pesawat Kerajaan Arab Saudi yang membawa Raja Salman tampak terbang meninggalkan Bandara Bali pada Pukul 11.15 WITA. Lalu disusul satu pesawat cadangan dan pesawat yang mengangkut kru dan tenaga medis Kerajaan Arab Saudi.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Bandara Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim menjelaskan selain tiga pesawat tersebut, dijadwalkan ada 200 anggota rombongan Raja Salman lainnya yang berangkat ke Jepang via Bandara Bali pada pukul 15.00 WITA, Minggu sore.

Pada Minggu pagi, satu pesawat Saudi Arabia Boeing 777 seri 300 dari Haneda, Jepang, telah mendarat di Bali sekitar pukul 06.30 WITA untuk menjemput rombongan kerajaan Arab Saudi yang akan menuju ke Jepang.

Arie juga mencatat, pesawat lainnya dari Jeddah, Arab Saudi, dijadwalkan tiba di Bandara Bali pada Pukul 14.00 WITA, Minggu siang hari ini. Pesawat itu akan menjemput sebagian anggota rombongan Raja Salman lainnya untuk menuju Maladewa.

Raja Salman beserta rombongannya mendatangi Indonesia pada 1 Maret 2017 lalu. Selama 1-3 Maret ia menyambangi Istana Bogor, Gedung DPR RI, Istana Merdeka Jakarta dan Masjid Istiqlal. Di hari pertama kedatangannya, dia menemui Presiden Joko Widodo untuk melakukan pembicaraan bilateral dan menyaksikan penekenan 11 nota kesepahaman kerja sama Indonesia dan Arab Saudi. Selain berpidato di sidang DPR RI, Raja Salman juga menemui sejumlah tokoh muslim Indonesia dan para tokoh lintas agama.

Sejak 4 Maret 2017 lalu, Raja Salman mendatangi Bali untuk berlibur. Semula ia dijadwalkan berada di Bali sampai 9 Maret 2017. Akan tetapi, Raja Salman memutuskan memperpanjang masa liburannya di Pulau Dewata hingga 12 Maret 2017.

Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN RAJA SALMAN atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom