Donald Trump mengancam langsung perusahaan-perusahaan melalui akun Twitternya. Mereka yang tak mau menemui masalah dalam empat tahun ke depan memilih untuk patuh dengan membuka pabrik dan menambah tenaga kerja di Amerika Serikat.
Donald Trump kembali menegaskan rencananya untuk mengenakan pajak perbatasan yang besar untuk produk milik perusahaan yang merelokasi pabriknya dari AS ke negara lain.
Mobil listrik mulai dilihat sebagai mobil masa depan. Tesla adalah salah satu perintisnya. Pabrikan lain dari Eropa kini mulai ancang-ancang mengejar ketertinggalan mereka.
Awal tahun ini, Ford Motor Indonesia mengumumkan angkat kaki begitu saja dari Indonesia. Namun, tahun depan Indonesia akan kedatangan pemain baru di khazanah pasar otomotif nasional, Wuling dari Cina. Wuling mampu membuktikan untuk masuk pasar Indonesia yang seksi tak boleh setengah-setengah, harus berani komitmen membangun pabrik sejak dini.
Mazda Motor Indonesia (MMI) melakukan pengalihan bisnis penjualan kendaraan dan suku cadang mobil Mazda kepada PT Eurokars Motor Indonesia. Setelah ini, mobil-mobil Mazda memang masih bakal berkeliaran di Indonesia tapi tidak untuk prinsipalnya, Mazda Motor Corporation.
Pasar mobil di Indonesia memang gemuk, tapi juga keras persaingannya. Pendatang baru yang tak sungguh-sungguh hanya akan angkat kaki seperti Ford. Sebagian lagi mencoba strategi baru dengan menggandeng mitra baru, untuk melanjutkan bisnisnya atau bertransformasi dengan membangun pabrik baru.
Ford mengumumkan menutup operasional kegiatan bisnisnya sejak 25 Januari 2016 di Indonesia. Hengkangnya Ford diduga karena tidak bisa bersaing dengan pabrikan mobil asal Jepang. Lima bulan berselang, Ford digugat sejumlah mitra bisnis dan konsumennya di Indonesia. Gugatan hukum itu tak tanggung-tanggung, mencapai Rp1 triliun.
Menurut Presiden Direktur PT Kreasi Auto Kencana, Andee Yoestong, penjualan sebelum Ford menghentikan kegiatan operasionalnya di Indonesia kisaran 300 unit per bulan namun sekarang tinggal belasan hingga maksimal 20-an unit per bulan.
Enam grup jaringan agen Ford melayangkan somasi kepada FMI dan FMC, dan jika tetap tak digubris mereka akan mengambil jalur hukum dengan gugatan ganti rugi Rp1 triliun.
Setelah General Motors, kini giliran Ford menyerah di pasar Indonesia. Mereka memilih cabut meski pasar Indonesia sedemikian menggiurkan . Dominasi Jepang di Indonesia pun semakin tak terpatahkan. Ford menutup pabriknya pada tanggal 25 Januari 2016 , ini setelah Ford tidak bisa bersaing dengan pabrikan asal Jepang .