Liga Champions

Prediksi Ajax vs Valencia: Bisa Gagal Lolos di Amsterdam Arena

Oleh: Gilang Ramadhan - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Ajax vs Valencia di Liga Champions pada Rabu (11/12/2019): tuan rumah dan tim tamu berebut satu tiket terakhir ke 16 besar UCL.
tirto.id - Laga Ajax vs Valencia dalam jadwal pekan 6 Grup H Liga Champions 2019/2020 bakal tersaji pada Rabu (11/12/2019) pukul 03.00 WIB di Johan Cruyff Arena, Amsterdam. Duel perebutan tiket 16 besar ini diprediksi berlangsung ketat.

Ajax memang masih memimpin Grup H dengan koleksi 10 poin dari 5 laga, tetapi mereka berpotensi tidak lolos karena hanya unggul 2 poin dari Valencia dan Chelsea yang berada urut di bawahnya.

Hasil imbang sudah cukup bagi De Amsterdammers untuk memastikan satu tiket ke fase gugur dan menjadi juara grup. Namun, Ajax bermodal kekalahan 0-2 kontra Willem II di ajang Eredivisie pada Sabtu (7/12) kemarin.

"Kami telah membicarakan kekalahan kontra Willem II dan tetap melihat ke depan. Ketika Anda lama tidak kalah di Eredivisie, logis jika orang-orang menganggap Anda hanya bermain 80% atau 90%," kata pelatih Ajax, Erik ten Hag dikutip dari UEFA.com.

"Itu tidak bisa diterima dan tidak bisa dibiarkan terjadi lagi," imbuh pelatih yang berhasil mengantarkan Ajax ke semifinal Liga Champions musim lalu itu.

Pada pertemuan pertama di Mestalla, Ajax menundukkan Valencia dengan skor telak 0-3. Ajax belum pernah kalah dari tiga duel terakhir melawan Valencia (2 imbang 1 menang).

Modal lainnya, hanya ada tiga tim yang memiliki jumlah kemenangan lebih banyak dibanding Ajax (9) sejak Liga Champions musim lalu. Tim-tim tersebut adalah Barcelona (11), Liverpool (11), dan Manchester City (10).

Sadar akan kekuatan lawan, pelatih Valencia, Albert Celades, mengimbau anak asuhnya untuk tidak melakukan kesalahan sendiri. Celades pun mengaku tidak memedulikan hasil laga Chelsea vs Lille yang akan berpengaruh.

Apabila Chelsea kalah dari Lille, The Black Bats dipastikan lolos ke babak 16 besar, apapun hasil yang mereka raih di laga ini.

"Kami sadar bahwa melakukan hal yang sama dengan Chelsea memenuhi syarat kelolosan kami, tetapi kami tidak akan mengetahui pertandingan mereka," kata Celades dalam konferensi pers jelang pertandingan.

"Kami memiliki pendapat yang sangat baik tentang Ajax, mereka adalah salah satu tim terbaik di Eropa. Tim kami mulai pulih. Besok adalah hari yang sangat penting dan tidak ada toleransi untuk kesalahan-kesalahan sendiri," imbuh pelatih berusia 44 tahun itu.



Perkiraan Susunan Pemain

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Lisandro Martinez, Edson Alvarez; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, Dusan Tadic; Quincy Promes. | Pelatih: Erik ten Hag.

Valencia (4-5-1): Jaume Domenech; Daniel Wass, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Denis Cheryshev, Carlos Soler, Francis Coquelin, Dani Parejo, Ferran Torres; Kavin Gameiro. | Pelatih: Albert Celades.

Prediksi Pertandingan

Misi Valencia untuk mengamankan 3 poin terasa sulit bila menilik kondisi skuad terkini. Cristiano Piccini, Goncalo Guedes, dan Lee Kang-In dipastikan absen karena cedera. Selain itu, Ezequiel Garay tidak akan bermain lantaran menjalani akumulasi kartu.

Di kubu tuan rumah, Daley Blind dan Joel Veltman telah kembali dari larangan bermain dan siap tampil mengawal lini belakang. Tetapi David Neres masih akan absen.

Pertandingan sendiri diprediksi akan didominasi oleh Ajax jika ditilik dari persentase penguasaan bola dan akurasi umpan sukses. Sebagai perbandingan, Ajax memiliki 51% possession ball dan 80% akurasi umpan sukses, sedang Valencia di angka 49% dalam hal penguasaan bola per laganya.

Prediksinya, Ajax akan bangkit dari kekalahan di Eredivisie dan memastikan diri lolos ke 16 besar sebagai juara Grup H. Akan tetapi tuan rumah diyakini hanya menang dengan skor tipis.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight