Prabowo Belum Restui Keponakannya Maju di Pilwalkot Tangsel

Oleh: Haris Prabowo - 23 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prabowo Subianto baru melemparkan senyum saat mengetahui keponakannya Rahayu Saraswati ingin maju pada Pilwalkot Tangsel.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad membenarkan DPC Gerindra Tangerang Selatan dan DPD Gerindra Banten sepakat untuk mengusung Rahayu Saraswati Djojohadikusumo untuk maju pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tangsel 2020. Rahayu Saraswati diketahui merupakan keponakan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Namun sampai saat ini DPP Partai Gerindra belum memutuskan setuju atau tidaknya Rahayu Saraswati diusung pada Pilwalkot Tangsel. Kata Dasco DPP Partai Gerindra masih melihat perkembangan terlebih dahulu, termasuk masalah koalisi partai yang akan mengusung pasangan calon.

"Itu akan diputuskan dalam waktu dekat," kata Dasco di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Dasco juga mengatakan bahwa Prabowo Subianto secara resmi belum memberikan restu kepada putri dari Hashim Djojohadikusumo itu. Prabowo masih menunggu laporan dari pengurus-pengurus daerah lainnya sebelum memutuskannya dalam rapat pleno DPP Partai Gerindra.

Sejauh ini, kata Dasco kesan Prabowo terhadap keinginan Saraswati untuk maju ke Pilwalkot Tangsel hanya direspons dengan senyuman saja.

"Kalau Pak Prabowo itu kan selalu kader kalau ingin berkarya, apalagi kadernya capable, itu tidak pernah dihalang-halangi. Dan setahu saya begitu Pak Prabowo tahu bahwa Saraswati akan maju, dia senyum-senyum saja," kata Dasco.

Bursa pencalonan pada Pilwalkot Tangsel diketahui sudah mulai ramai dengan munculnya nama-nama yang ingin menggantikan posisi Airin Rachmi Diany.

Selain Rahayu Saraswati, ada pula nama Siti Nur Azizah, putri dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. Siti Nur Azizah sendiri sudah mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat dan akan didampingi politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ruhama Ben. Selain Demokrat dan PKS, pasangan ini dikabarkan telah disetujui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Sementara Golkar sendiri mengklaim akan mendukung Pilar Saga Ichsan dengan Benyamin Davnie sebagai calon mereka. Pilar merupakan putra Ratu Tatu Chasanah, ketua DPD Golkar Banten sekaligus Bupati Serang saat ini. Sementara Benyamin Davnie, merupakan Wakil Wali Kota Tangsel selama dua periode.

Sedangkan PDIP, PSI dan Gerindra hingga saat ini belum menentukan pilihan.


Baca juga artikel terkait PILWALKOT TANGSEL atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Bayu Septianto
DarkLight