PPP Bela Menteri Lukman yang Dinilai Gagal oleh Politikus PKB

Oleh: Felix Nathaniel - 20 Juli 2019
PPP mengatakan, tujuan politikus PKB mengkritik Lukman Hakim karena ingin mendapatkan kursi Menteri Agama.
tirto.id - Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi (Awiek) membela Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang dikritik dan dianggap gagal oleh politikus PKB, Maman Imanulhaq. Menurut Awiek, tujuan kritik yang disampaikan Maman itu karena PKB memang ingin mengincar kursi Menteri Agama di periode berikutnya.

"Orang yang mau menggantikan mah harus begitu," kata Awiek di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Sebelumnya, Politikus PKB Maman mengaitkan kinerja Menteri Lukman dengan kondisi tempat parkir di Kemenag. Sehingga, Maman berpendapat hal itu sebagai sebuah kegagalan.

"Gagal, betul gagal. Bukan hanya soal kinerja. Bapak coba datang deh ke Lapangan Banteng, tidak pernah ada sebuah kementerian yang parkirnya paling jelek kecuali Kementerian Agama. Parkirnya saja jelek apalagi menterinya gitu," ujar Maman di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).


Menjawab hal itu, Awiek menambahkan, ukuran keberhasilan seorang menteri tentu berbeda-beda. Menurut dia, mematuhi dan loyal pada Presiden Jokowi pun bisa dikatakan keberhasilan. Ada juga sisi positif lain dari kinerja Menag.

"Ya saya kira ada sisi-sisi positif. Kan tidak mungkin semua orang itu sempurna. Jangan pula ada satu hal yang kaitannya tadi dengan persoalan di internal. Seperti pembinaan ASN, kan sudah mulai dilakukan. Tapi kan Kementerian Agama ini kan bukan seperti kementerian yang lain. Strukturnya mulai dari atas sampai yang paling bawah itu lho," ujarnya lagi.

Namun, jika memang harus diganti, maka Awiek merasa tidak ada masalah. Mau bagaimana pun menteri merupakan hak prerogatif presiden.

"Ya enggak masalah. Kami juga berpengalaman di bidang lain," ucap Awiek.


Baca juga artikel terkait PARTAI POLITIK atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - )

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight