Piala Dunia 2018: Rusia Targetkan Lolos ke Fase Gugur

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 14 Juni 2018
Fyodor Smolov dan Aleksandr Samedov yakin Rusia lolos ke fase gugur Piala Dunia 2018.
tirto.id - Tim Nasional (Timnas) Rusia memasang target lolos dari babak penyisihan grup, kata penyerang Rusia, Fyodor Smolov dikutip laman resmi FIFA. Di partai pembuka Piala Dunia 2018, Rusia akan menghadapi Arab Saudi, Kamis (14/6/2018)

Rusia sendiri jelang pesta bola empat tahunan ini dihantui serangkaian tren buruk. Mereka tak mengemas kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhir, hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran dalam dua laga terakhir, dan menempati peringkat FIFA terendah (70) di Piala Dunia 2018.

Aleksandr Samedov, yang mencetak satu-satunya gol—sekaligus satu-satunya tembakan tepat sasaran—dalam dua laga terakhir Rusia menyatakan bahwa Rusia wajib menang lawan Arab Saudi.

"Tidak peduli apa, kami harus lolos dari grup. Kami harus memenangi laga pertama, lalu laga kedua dan tidak melewatkan apa pun sampai menit terakhir," ujar Samedov.


Rusia mendapat beban “harus menang” lawan Arab Saudi, mengingat lawan berikutnya adalah Mesir (20/6) dan Uruguay (25/6) yang di atas kertas lebih kuat.

Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov pun merasa positif terkait persiapan timnya jelang laga perdana.

"Sesi latihan terkini telah menunjukkan betapa bugarnya kami," ujar Cherchesov dalam konferensi pers, Rabu (13/6).

Timnas Rusia sendiri tercatat tidak pernah lolos dari fase grup Piala Dunia sejak keruntuhan Uni Soviet. Rusia mencatatkan lima laga terkahir (dua imbang, tiga kalah) tanpa kemenangan di gelaran Piala Dunia.

Lawan tuan rumah di partai pembuka Piala Dunia 2018, Arab Saudi pun mempunyai rekor buruk, tidak pernah menang dalam 10 laga terakhir Piala Dunia.


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live