Peter Dinklage "Tyrion" Jadi Aktor Pendukung Terbaik di Emmy 2019

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 23 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pemeran Tyrion Lannister, Peter Dinklage menang sebagai Aktor Pedukung Emmy Awards 2019.
tirto.id - Peter Dinklage memenangkan kategori Aktor Pendukung Terbaik Serial Drama (Outstanding Supporting Actor in a Drama Series) pada Emmy Awards, Senin (23/9/2019) waktu Indonesia.

Piala ini adalah piala Emmys keempat Dinklage atas perannya sebagai Tyrion Lannister di serial Game of Thrones. Ia mengalahkan kandidat lainnya, termasuk rekan selayarnya, yaitu Nikolaj Coster-Waldau dan Alfie Allen, juga Jonathan Banks (Better Calls Saul), Giancarlo Esposito (Better Calls Saul), Michael Kelly (House of Cards), dan Chris Sullivan (This is Us).

Sebelumnya, ia memboyong piala Emmy untuk kategori yang sama pada tahun 2011, 2015, dan 2018.

"Saya menganggap diri saya beruntung tergabung dalam komunitas yang menjunjung toleransi dan perbedaan," katanya saat menerima piala, dilansir CNN.

"Kami tidak melakukan apa-apa selain berkeringat, tidak melakukan apa-apa selain tertawa."

Seperti pemenang-pemenang lainnya, Twitter resmi akademi juga memberi selamat atas kemenangan Dinklage dua tahun berturut-turut. Dinklage mengambil peran sebagai tokoh kerdil dari dari keluarga terpandang Westeros, Tyrion Lannister dalam serial Game of Thrones yang tayang sejak 2011, dan tamat pada Mei 2019 lalu.


Dinklage memainkan peran Tyrion dengan memukau, Ia digambarkan sebagai sosok bijaksana yang selalu menentang kejahatan keluarganya, klan Lannister. Empat piala yang diperolehnya menjadikan Dinklage pemenang Emmy untuk aktor pendukung terbaik terbanyak sepanjang sejarah.

Ia memuji sutradara Game of Thrones, David Bennoiff dan Dan B. Weiss dalam pidatonya, dan menganggap ini semua tercapai berkat usaha keras keduanya.

"Ini sudah sekitar 10 tahun, kini selesai, dari awal saya bertemu David dan Dan hingga sekarang [...] saya tidak tahu akan jadi seperti apa, tapi saya tahu bahwa David dan Dan sangatlah brilian," ujarnya, dikutip Deadline.

Di episode terakhir Game of Thrones season 8, "The Iron Thorne" Tyrion dianggap sebagai kriminal karena mengkhianati the mad queen, Daenerys Targaryen (Emilia Clarke).

Namun, di detik-detik terakhir, ketika Daenerys sudah meninggal karena ditikam oleh Jon Snow (Kit Harington), ia berkontribusi dalam pemilihan raja baru, pertama di Westeros, dan mencetuskan sistem pemerintahan baru untuk Westeros, yaitu rajanya dipilih oleh para lord dan lady, bukan lagi turun temurun seperti sebelumnya.

Baca juga artikel terkait EMMY AWARDS atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Anggit Setiani Dayana
Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora
DarkLight