Pesawat TNI AU Jenis Hawk 209 Jatuh di Riau Akibat Masalah Mesin

Oleh: Andrian Pratama Taher - 15 Juni 2020
TNI AU masih melakukan investigasi lebih lanjut tentang kecelakaan tersebut. Sementara untuk penyebab kecelakaan dan jumlah kerusakan masih dalam proses investigasi.
tirto.id - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsekal Pertama Fajar Adriyanto menjelaskan kecelakaan pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 Tail No TT 0209 terjadi akibat pesawat kehilangan tenaga untuk tetap terbang.

“Saat akan mendarat di Runway 36, pesawat kehilangan power, Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail memutuskan untuk eject, dan selamat," kata Fajar dalam keterangan tertulis kepada reporter Tirto, Senin (15/6/2020).

Kecelakaan terjadi ketika pesawat hendak mendarat setelah latihan rutin pada pukul 08.13 WIB. Pesawat jatuh sekitar 4 kilometer dari ujung Runway 36 Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar Pekanbaru. Pesawat sendiri mengalami kerusakan berat akibat kecelakaan.

Pesawat menimpa 2 rumah warga yang dalam keadaan kosong saat kecelakaan terjadi. Akan tetapi, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Saat ini, pihak TNI AU masih melakukan investigasi lebih lanjut tentang kecelakaan tersebut.

"Untuk penyebab kecelakaan dan jumlah kerusakan masih dalam proses investigasi," kata Fajar.


Baca juga artikel terkait PESAWAT TNI AU atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight