Pesan Rumah KPR Lewat Online Mulai Diminati

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 2 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
BTN meluncurkan skema kepemilikan rumah baru melalui KPR online yang bisa diakses melalui portal bank BTN.
tirto.id - Kepengurusan surat dan syarat untuk memiliki rumah kerap menghabiskan waktu dan tenaga. Namun, belakangan sejak tahun 2017 Bank Tabungan Negara (BTN) meluncurkan pemesanan rumah KPR melalui skema online.

Portal properti BTN yang terdiri dari www.btnproperti.co.id untuk rumah baru dan www.rumahmurahbtn.co.id untuk rumah lelang. Portal ini merupakan salah satu strategi Bank BTN membangun digital ecosystem di bidang pembiayaan perumahan.

Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, tercatat sampai saat ini aplikasi tersebut sudah didownload sebanyak 42.661 aplikasi atau melompat 208 persen dibandingkan tahun 2017 yang hanya 13.680 aplikasi.

“Fitur baru selanjutnya adalah tracking status pengajuan KPR, dengan fitur ini nasabah dapat memantau status pengajuan KPR saat sudah melakukan pengajuan kredit secara online,” kata Maryono, dalam acara Indonesia Property Expo (IPEX) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Sabtu (2/2/2019).

Ia menjelaskan, seiring dengan peningkatan aplikasi, realisasi KPR lewat online pun melejit 238 persen secara year on year menjadi 10.853 unit pada tahun 2018 dibandingkan tahun 2017 yang hanya mencapai 3.214 unit.

Alhasil, nilai KPR yang cair pun meroket. Pada tahun 2017 nilai KPR yang tersalurkan lewat aplikasi KPR online sebesar Rp1,18 triliun menjadi Rp3,83 triliun pada tahun 2018.

"KPR yang tersalurkan lewat aplikasi KPR online sebesar Rp1,18 triliun menjadi Rp3,83 triliun pada tahun 2018," jelas dia.

Setelah efektif, skema online ini diupgrade dengan sistem terbaru. Ia mengatakan per Februari ini, portal www.btnproperti.co.id memiliki fitur tambahan, di antaranya fitur 3D proyek perumahan di mana konsumen bisa melihat langsung proyek perumahan atau unit rumah contoh dari developer Bank BTN dengan merasakan seakan-akan seperti berada di lokasi langsung karena ketersediaan data 3D unit.

Fitur baru selanjutnya adalah transactional booking fee. Dengan fitur ini konsumen atau pengunjung BTN Properti bisa langsung memesan unit rumah dari developer yang sudah bekerjasama dengan Bank BTN dan bisa langsung melakukan pembayaran booking fee atau tanda jadi pemesanan dengan kanal pembayaran yang disediakan Bank BTN mulai dari ATM/Virtual Account, Internet Banking, dan Mobile Banking. Selain itu pengajuannya juga langsung masuk ke Bank BTN untuk diproses.


Baca juga artikel terkait KREDIT KPR atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno