Perawatan yang Diperlukan Calon Pengantin Wanita Sebelum Menikah

Oleh: Yonada Nancy - 9 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Perawatan kulit yang perlu dilakukan calon pengantin wanita sebelum menikah.
tirto.id - Setiap orang rasanya ingin terlihat sempurna pada hari pernikahannya, sebab pengantin wanita akan menjadi pemeran utama dalam satu hari dan mendapat sorotan dari seluruh kerabat. Tidak peduli akan berpenampilan tradisional atau modern, glamor atau sederhana, semua pengantin selalu ingin menampilkan yang terbaik, termasuk kondisi kesehatan kulit.

Bukan hanya gaun, dekorasi, atau pemilihan buffet, tetapi kulit yang cerah dan bersih merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan pengantin menjelang pernikahan.

"Kulit yang indah adalah kanvas untuk rias wajah yang indah, jadi saya menemukan bahwa itu adalah prioritas kecantikan yang paling penting," kata penata rias Rae dari The Raeviewer.

Menurut Rae, tiga bulan sebelum hari pernikahan adalah waktu yang tepat untuk memulai seluruh perawatan kulit. Fungsi perawatan kulit tidak hanya berguna untuk kecantikan, tetapi juga kesehatan khususnya kesehatan mental.

Dilansir Bride, melakukan perawatan kulit sama halnya dengan memanjakan diri di tengah tekanan menjelang "momen bersejarah dalam hidup." Melakukan perawatan bisa membantu mengurangi stress dan meningkatkan kepercayaan diri pengantin.

Tirto menghimpun beberapa perawatan kulit yang perlu dilakukan pengantin wanita sebelum pernikahan.

  • Pertimbangkan melakukan waxing
Jika berencana menggunakan gaun yang sedikit terbuka di bagian kaki atau lengan, ada baiknya untuk melakukan waxing atau pencukuran bulu. Saat ini ada dua jenis metode waxing yang dapat dicoba, yakni laser dan elektrolisis.

Dilansir Healthline, waxing menggunakan metode laser bekerja dengan memancarkan radiasi panas ke area rambut. Tujuannya adalah untuk merusak folikel rambut yang cukup untuk memperlambat pertumbuhan rambut secara signifikan. Prosesnya bertahap dan membutuhkan waktu yang lama, tetapi hasilnya akan permanen.

Sementara itu waxing elektrolisis dilakukan dengan memasukkan alat epilator ke dalam kulit. Frekuensi radio gelombang pendek yang dipancarkan akan merusak folikel. Hal ini dapat mencegah pertumbuhan dan menyebabkan rambut yang ada rontok.

  • Rutin melakukan eksfoliasi
Eksfoliasi pada kulit wajah khususnya penting dilakukan secara rutin minimal tiga bulan sebelum pernikahan. Hal ini untuk mencegah akumulasi sel kulit mati pada wajah yang dapat menyebabkan warna kulit menjadi kusam. Dengan mengeksfoliasi, kulit akan lebih bercahaya dan lebih mudah menyerap produk-produk perawatan kulit.

"Saya merekomendasikan pengelupasan sekali seminggu pada awal-awal, dan naik menjadi dua kali seminggu setelah sebulan atau lebih jika (kulit) Anda bisa mentolerirnya" kata Dr. Dennis Gross dari Alpha Beta Universal Daily Peel, seperti yang dikutip dari Bride.

  • Biasakan memelihara kulit selama dan setelah mandi
Banyak orang yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk merawat kulit ketika mandi. Baik menggunakan scrub wajah, lulur, jel eksfoliasi, dan sabun. Untuk itu, mulai menggunakan produk-produk sabun yang bebas sulfat akan lebih baik, karena dapat memberikan efek melembutkan yang lebih baik. Pemakaian lotion sehabis mandi juga disarankan untuk menjaga kelembaban dan mengurangi kemerahan pada kulit akibat gesekan pakaian ketat.

  • Kurangi konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol berkaitan dengan berbagai masalah kesehatan termasuk penampakan kulit. Dilansir dari Elle, kandungan dalam alkohol cukup untuk menyebabkan kerusakan sel. Alkohol dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi yang parah. Kulit yang kekurangan cairan akan terlihat kusam dan lebih cepat mengalami penuaan. Untuk itu, mengurangi konsumsi alkohol sangat penting menjelang hari spesial. Mengganti minuman dengan jus buah yang kaya antioksidan tentu akan lebih baik.

  • Rawat bercak kemerahan di punggung dan selulit
Dua masalah kulit tersebut memang dapat memengaruhi penampilan. Bercak kemerahan di punggung biasanya disebabkan oleh penumpukan keratin dalam folikel. Bisa jadi karena alergi atau pun cuaca. Sementara selulit atau strech mark disebabkan ketika kulit berkembang (karena kenaikan berat badan atau infeksi) sehingga menyebabkan garis-garis kemerahan pada kulit.

Baik bercak maupun selulit membutuhkan waktu untuk disembuhkan. Saat ini sudah banyak produk-produk krim dan jel yang mengklaim mampu memudarkan tampilan dua masalah kulit ini. Hanya saja, pemakaiannya harus rutin dan dalam jangka waktu yang tidak pendek.


Baca juga artikel terkait PERAWATAN KULIT atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight