Pemuda Pancasila Banyumas Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Oleh: Riyan Setiawan - 4 April 2019
Ormas Pemuda Pancasila (PP) Banyumas mendeklarasikan diri untuk mendukung capres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf.
tirto.id - Organisasi Masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila (PP) Banyumas mendeklarasikan diri untuk mendukung capres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf. Deklarasi tersebut diikrarkan saat berada di Lapangan Sasana Krida, Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (4/4/2019).

Awalnya salah satu orator PP menyambut ribuan massa dengan meneriakkan jargon.

"Jokowi-Ma'ruf Amin," teriak orator saat di atas panggung. "Menang... Menang... Menang...," balas warga.

"Pancasila," lanjut orator.

"Abadi," balas warga

"NKRI," tambah orator.

"Harga mati," balas warga lagi.

Belasan kader PP yang ada di atas panggung itu pun memulai mendeklarasikan diri untuk mendukung paslon 01, Jokowi-Ma'ruf.

"Deklarasi PP Banyumas, bismillah hirahmannirahhim. Dengan mengharap ridho Allah SWT, hari ini Kamis, 4 April 2019, kami relawan Pemuda Pancasila, anggota muda Pemuda Pancasila Banyumas, mendeklarasikan diri untuk mendukung penuh capres-cawapres, Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia 2019-2024," ikrarnya saat di atas panggung.

Kemudian, salah satu kader PP itu pun menyatakan dukungannya. Yaitu pertama, menyatakan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Orator itu pun enggan menyebut nomor dua, dan langsung lanjut ke nomor tiga.

"Tiga, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara," kata orator tersebut.

Kemudian keempat, ia menyatakan setia kepada persatuan Indonesia. Siap mengamankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Selanjutnya, siap memenangkan Jokowi-Ma'ruf demi utuhnya NKRI, kemajuan Indonesia, dan demi Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika.

Pada akhir deklarasinya, orator tersebut pun mengulang kembali jargon sebelumnya dan diikuti oleh ribuan warga Banyumas.

Berdasarkan pantauan Tirto, lapangan Sasana Krida mulai dipadati oleh ribuan massa pada pukul 09.00 WIB. Sambil menunggu kedatangan Jokowi, sebelumnya ribuan warga dihibur dengan musisi lokal.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Maya Saputri