Menuju konten utama

Pelindo II Klaim NPCT1 Dapat Tandingi Singapura

Pelindo II menargetkan peresmian NPCT1 dapat menyingkat jalur perdagangan melalui laut tanpa melalui Singapura. Hal ini disebabkan terminal ini telah dirancang untuk menampung kontainer-kontainer bermuatan besar.

Pelindo II Klaim NPCT1 Dapat Tandingi Singapura
Situasi bongkar muat barang di Tanjung Priok. Antara foto/muhammad adimaja.

tirto.id - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mengklaim bahwa pengoperasian New Priok Container Terminal One (NPCT1) atau Pelabuhan Kalibaru sejak 18 Agustus 2016 lalu dapat mempersingkat jalur perdagangan tanpa melalui Singapura.

Pelindo II menyatakan, terminal baru ini dirancang untuk dapat melayani kapal peti kemas dengan kapasitas 13.000 hingga 15.000 TEUs dengan bobot di atas 150.000 DWT.

"Terminal ini memberikan volume perdagangan yang besar sehingga kapal-kapal besar dari Eropa bisa langsung ke sini, tidak perlu lagi singgah ke Singapura," jelas Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya usai mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam peninjauan di Pelabuhan Kalibaru, Jakarta Utara, Sabtu,(27/08/2016).

Dia mengatakan saat ini New Priok Container Terminal One (NPCT1) yang merupakan fase 1A dari keseluruhan Proyek New Priok Container Terminal secara komersial telah beroperasi sejak Kamis, 18 Agustus 2016.

Ia juga mengatakan, pelabuhan tersebut dibangun berdasarkan standar internasional dan steril.

Lebih lanjut dia menjelaskan NPCT1 memiliki luas lahan kurang lebih 32 hektare dan kapasitas sebesar 1,5 juta TEUs per tahun dengan total panjang dermaga 850 meter pada akhir 2016 dan kedalaman -14 meter LWS (akan dikeruk secara bertahap hingga -20 meter).

"Terminal 2 dan 3 juga nantinya masing-masing bisa menampung hingga 1,5 juta TEUs, totalnya 4,5 juta TEUs dan akan menambah kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok sebesar enam juta TEUs," katanya.

Dia berharap peresmian terminal tersebut segera dilakukan dan diperkirakan pekan pertama pada September ini, namun harus menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.

Untuk mendukung itu semua, Elvyn mengatakan telah mendata potensi konsumen yang akan menggunakan terminal tersebut.

"Kami telah mengumpulkan data-data 'cargo owner' (pemilik kargo) untuk menginformasikan bagaimana barang-barang bisa masuk ke NPCT1 tanpa harus singgah," katanya.

Selain itu, dia mengatakan juga tengah mengintegrasikan sistem teknologi informasi terpadu, yaitu Inaportnet yang akan diterapkan September mendatang.

"Kami juga akan menyatukan sistem IT terintegrasi dari Pelindo I sampai Pelindo IV agar semakin mudah antardaerah dan terhubung ke kawasan industri dengan kawasan transportasi," katanya.

Dia mengatakan upaya tersebut bermuara ke penurunan biaya logistik agar bisa segera terwujud.

Baca juga artikel terkait KONTAINER

tirto.id - Hard news
Sumber: Antara
Penulis: Putu Agung Nara Indra
Editor: Putu Agung Nara Indra