PayTren Bidik Dana Kelola Reksa Dana Tembus Rp3 Triliun

Oleh: Ringkang Gumiwang - 5 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Target tersebut diambil dengan asumsi jumlah pengguna PayTren menembus 10 juta nasabah dengan nilai transaksi Rp20-30 triliun.
tirto.id - PT PayTren Aset Manajemen menargetkan dana kelola reksa dana mencapai Rp3 triliun pada tahun ini seiring dengan diluncurkannya PayTren Online Reksa Dana, atau sistem pembelian reksa dana secara online.

Pembelian reksa dana secara online tersebut dapat diakses melalui laman resmi PayTren, yakni www.paytren-am.co.id. Tidak menutup kemungkinan, layanan pembelian reksa dana online ini juga dapat diakses melalui aplikasi PayTren.

Komisaris PT PayTren Aset Manajemen (PAM) Yusuf Mansur mengatakan target tersebut diambil dengan asumsi jumlah pengguna PayTren menembus 10 juta nasabah dengan nilai transaksi Rp20-30 triliun.

“Dari nilai transaksi itu, mungkin sekitar 10 persen masuk ke reksa dana. Jadi, diharapkan PayTren itu tidak hanya digunakan untuk pembayaran saja, tetapi juga dapat membuat orang menabung reksa dana,” kata dia di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

PayTren merupakan perusahaan penyedia finansial berbasis syariah dan teknologi yang dibangun oleh Yusuf Mansyur di bawah naungan perusahaan PT Veritra Sentosa International.

Melalui Paytren, para nasabah dapat melakukan berbagai transaksi berbasis internet, mulai dari membayar tagihan, listrik, membeli pulsa dan lain sebagainya. PayTren sendiri sudah mendapatkan izin dari Bank Indonesia pada Mei 2018.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT PAM Ayu Widuri menuturkan fitur pembelian reksa dana online ini bertujuan untuk memudahkan para calon investor yang ingin menjadi investor Reksa Dana Syariah.

“Fitur ini juga dilengkapi dengan akses langsung ke Dukcapil dalam proses verifikasi data calon investor. Dengan kata lain, untuk mendapatkan Single Investor Identification Number menjadi lebih cepat,” tuturnya.

Tak hanya itu, menu pengisian data registrasi calon investor pun juga sangat simpel. Alhasil, proses registrasi dan transaksi investor menjadi mudah digunakan. Intinya, membeli reksa dana syariah PAM semudah membeli barang secara online.

Enam bulan yang lalu, PT PAM juga telah meluncurkan dua produk reksa dana syariah, yakni Dana Falah dan Dana Safa. Dana Falah merupakan reksa dana saham syariah. Sementara Dana Safa adalah reksa dana pasar uang syariah.


Baca juga artikel terkait PAYTREN atau tulisan menarik lainnya Ringkang Gumiwang
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Ringkang Gumiwang
Penulis: Ringkang Gumiwang
Editor: Yuliana Ratnasari