Pakai Narkoba dan Sebar Video Ilegal, Hwang Hana Ditahan

Oleh: Maria Ulfa - 6 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kamis (4/4/2019), Hwang Hana ditangkap kepolisian atas tuduhan telah menggunakan obat psikoaktif, juga menyebarkannya, serta menyebar video mesum ilegal.
tirto.id - Hwang Hana ditahan oleh pihak kepolisian di Korea Selatan karena diduga memakai sekaligus mengedarkan narkoba. Mantan tunangan Park Yoochun, anggota grup JYJ, ini juga diperkirakan telah menyebarkan video mesum yang diambil secara ilegal.

Kamis (4/4/2019), Hwang Hana ditangkap oleh Unit Investigasi Narkoba dari Kantor Polisi Provinsi Gyeonggi Selatan atas tuduhan telah menggunakan obat psikoaktif pada tahun lalu, demikian seperti dilansir Soompi.

Polisi menangkap Hwang Hana di Rumah Sakit Universitas Nasional Bundang Seoul, Korea Selatan. Pihak kepolisian Provinsi Gyeonggi Selatan telah menyelidiki Hwang Hana atas dugaan penggunaan narkoba sejak tahun lalu berdasarkan kesaksian yang mereka peroleh dari kenalan tersangka.

Selama penyelidikan, polisi meminta penggeledahan dan juga surat perintah penangkapan untuk Hwang Hana, tetapi kedua permintaan tersebut ditolak oleh Kantor Kejaksaan Distrik Suwon.

Kasus ini terungkap karena laporan oleh MBC pada 2 April 2019 lalu setelah muncul kecurigaan bahwa Hwang Hana tidak dihukum karena koneksi konglongmerat. Ia adalah satu-satunya cucu dari pendiri Namyang Dairy Products.

Menyusul laporan tersebut, Tim Investigasi Kejahatan Intelektual Badan Kepolisian Metropolitan Seoul memulai penyelidikan internal untuk mengungkap dugaan korupsi di dalam kepolisian.

Selain penggunaan narkoba, Hwang Hana juga dituduh telah menyebarkan video kamera tersembunyi.

Pada 3 April 2019, outlet berita CBS No Cut News melaporkan bahwa terdapat pengguna online yang berbagi di media sosial setelah ia menerima informasi tentang empat video berbeda dari Hwang Hana yang diambil secara ilegal.


Pengguna online tersebut mengungkapkan pesan yang ditukarkan antara salah satu pelapor dan seseorang yang diidentifikasi sebagai Hwang Hana sebagai bukti.

“[Hwang Hana] secara acak mengirim video seseorang, [saya] kadang-kadang tidak tahu. Dia akan merasa senang sendiri jika saya bereaksi,” ujar pelapor, seperti dilansir Soompi.

Pengungkap fakta tidak lagi memiliki video tetapi mengatakan bahwa seorang wanita yang sepertinya dibius sedang menari telanjang di salah satu video yang ia terima.

Sementara itu, pengguna online tersebut menyatakan, “[Hwang Hana] mengancam banyak orang dengan video seks, tetapi saya tidak yakin dari mana dia mendapatkannya. Berdasarkan tips yang saya terima, setidaknya ada empat korban.”

Nama Hwang Hana muncul ke publik karena ia adalah mantan tunangan dari anggota boy group JYJ, Park Yoochun. Keduanya mengumukan pertunangan pada April 2017 lalu dan berencana menikah pada September 2017, akan tetapi pernikahan tersebut diundur.

Setelah itu, tersiar kabar bahwa keduanya telah memutuskan pertunangan pada Mei 2018 lalu.

Baca juga artikel terkait KASUS NARKOBA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Iswara N Raditya