tirto.id - Anda pelanggan internet Indihome dan sedang mengalami kendala? Kini pelanggan Indihome dapat menyampaikan keluhan secara langsung melalui nomor WA pengaduan Indihome.
Kelebihan menggunakan jalur WhatsApp ini adalah, pengguna dapat mengakses nomor WA pengaduan Indihome melalui smartphone tanpa harus keluar rumah. Untuk mengadu, pelanggan Indihome bisa menghubungi nomor pengaduan Indihome yang terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan jenis keluhannya.
Ketiga jenis keluhan tersebut adalah layanan Indihome gangguannya terkait pada tagihan, gangguan layanan, serta seputar kendala koneksi internet. Berikut ini daftar nomor WhatsApp pengaduan Indihome dan langkah-langkah untuk menyampaikan keluhannya.
Nomor WA Pengaduan IndiHome untuk Tagihan
Jika pelanggan mengalami masalah terkait tagihan Indihome, seperti tarif layanan, tagihan yang tidak sesuai, status tagihan tidak berubah setelah dibayar, dan masalah terkait billing lainnya, pelanggan dapat menyampaikan keluhan melalui nomor WA pengaduan Indihome.
Berikut cara pengaduan Indihome terkait tagihan melalui nomor WA 0811-1191-109:
- Simpan nomor 0811-1191-109 ke kontak.
- Buka aplikasi WhatsApp dan lakukan refresh kontak.
- Kirim pesan WhatsApp berisi nama, ID pelanggan, domisili, dan detail masalah tagihan Indihome yang sedang dialami.
- Setelah itu, admin WhatsApp akan menanggapi dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut.
Nomor WA Pengaduan Indihome untuk Layanan
Pelanggan internet Indihome yang ingin bertanya terkait layanan, dapat menghubungi nomor WA 081-1614-7147. Berikut ini cara bertanya mengenai layanan Indihome melalui contact center WhatsApp:
- Simpan nomor 081-1614-7147 ke kontak.
- Buka aplikasi WhatsApp dan lakukan refresh kontak.
- Kirim pesan WhatsApp berisi nama, ID pelanggan, domisili, dan isi pertanyaan berkaitan dengan layanan yang ingin disampaikan.
- Selanjutnya, admin WhatsApp akan menanggapi dan memberikan jawaban sesuai pertanyaan yang disampaikan oleh pelanggan.
Nomor WA Pengaduan Indihome untuk Gangguan
Ketika mengalami kendala atau gangguan koneksi internet, gangguan massal, dan problem teknis lainnya, pelanggan dapat menyampaikan keluhan melalui nomor WA pengaduan Indihome, yakni 0813-3535-3147.
Berikut ini cara pengaduan Indihome melalui WA:
- Simpan nomor 0813-3535-3147 ke kontak.
- Buka aplikasi WhatsApp dan lakukan refresh kontak.
- Kirim pesan WhatsApp berisi nama, ID pelanggan, domisili, dan masalah atau gangguan yang sedang dialami.
- Sesudah itu admin WhatsApp akan menanggapi dan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah.
- Jika ditugaskan teknisi untuk melakukan perbaikan, biasanya admin akan meninggalkan nomor yang dapat dihubungi.
Cara Lain Komplain Gangguan Indihome
Selain menggunakan WA atau WhatsApp, pelanggan Indihome juga dapat melakukan komplain melalui jalur lain yang mungkin bisa menjadi alternatif yang lebih nyaman.
Berikut ini cara pengaduan Indihome selain menggunakan jalur WA:
1. Melalui Aplikasi MyTelkomsel
Pelanggan Indihome dapat melakukan komplain layanan Indihome melalui aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini dapat diinstal terlebih dahulu di smartphone Android maupun iPhone. Selain itu, MyTelkomsel juga dapat diakses melalui web yang beralamat di https://my.telkomsel.com/login/web.Aplikasi MyTelkomsel ini tidak hanya dapat digunakan untuk menyampaikan keluhan. Namun, aplikasi MyTelkomsel ini juga dapat digunakan untuk memantau kuota penggunaan data, informasi transaksi, tagihan, dan juga informasi terkait promo atau program dari Indihome.
Sebelum Indihome bergabung dengan Telkomsel, komplain dapat dilakukan melalui aplikasi MyIndihome. Mulai 1 Desember 2024, aplikasi MyIndihome dihentikan dan dipindahkan ke MyTelkomsel.
2. Melalui Call Center Indihome
Cara lain untuk menyampaikan keluhan atau pengaduan gangguan layanan internet Indihome bisa melalui Call Center 188. Cara ini dinilai cukup efektif karena nantinya akan langsung terhubung dengan customer service.Berikut cara komplain melalui call center 188:
- Tekan 188 melalui telepon atau smartphone.
- Tunggu sampai tersambung, kemudian tekan 1 untuk memilih bahasa Indonesia.
- Kemudian tekan angka 2 untuk keluhan masalah Indihome.
- Kemudian tekan 1 untuk pelanggan Indihome reguler.
- Setelah terhubung dengan customer service, sampaikan keluhan yang dialami dan jangan lupa untuk menyebutkan ID pelanggan.
3. Melalui Sosial Media
Jika Anda termasuk aktif menggunakan sosial media, keluhan terkait gangguan Indihome bisa disampaikan melalui akun media sosial resmi milik Indihome. Pelanggan dapat mengirimkan pesan langsung atau direct messages dengan mencantumkan ID pelanggan.Berikut akun sosial media Indihome:
- X: @indihome
- Instagram: @indihome
- Facebook: Indihome
Sebelum mengirimkan pesan, pastikan akun yang dituju sudah benar dan ada centang birunya.
4. Melalui Email
Keluhan terkait gangguan layanan internet Indihome juga dapat disampaikan melalui email. Caranya cukup mudah, yakni cukup mengirim email ke [email protected] dan isi dengan keluhan yang dialami. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan ID pelanggan.5. Mengunjungi GraPARI atau Plasa Telkom
Jika memiliki waktu luang, pelanggan dapat menyampaikan keluhan terkait gangguan Indihome ke gerai GraPARI atau Plasa Telkom terdekat. Pelanggan dapat menyampaikan langsung ke customer service dan kemungkinan ditangani lebih cepat karena biasanya gerai tersebut memiliki teknisi yang siap menangani masalah.Sekian penjelasan mengenai cara dan informasi perihal nomor WA pengaduan Indihome yang dapat dihubungi ketika mengalami masalah. Pelanggan juga dapat memanfaatkan jalur pengaduan lain seperti email atau media sosial agar masalah terkait layanan Indihome dapat segera teratasi.
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Lucia Dianawuri