Mundur dari TGUPP, Marco: Tugas Komite Pesisir Sudah Selesai

Oleh: Haris Prabowo - 12 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marco Kusumawijaya menyebutkan tugasnya di komite pesisir telah selesai dan ingin menuntaskan penulisan buku.
tirto.id - Marco Kusumawijaya angkat bicara terkait pengunduran dirinya sebagai Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta Bidang Pengelolaan Pesisir.

Marco menyebutkan tugasnya di komite pesisir telah selesai dan ingin menuntaskan penulisan buku.

"Tugas Komite Pesisir telah selesai, saya [Marco Kusumawijaya] non-aktif dari kegiatan di TGUPP untuk menuntaskan penulisan buku," ucap dia saat dihubungi, Kamis (12/12/2019) siang.

Marco menjelaskan, tugas pokok Komite Pesisir adalah menyiapkan langkah-langkah penghentian reklamasi yang telah diselesaikan pada September 2018 lalu.

Selain itu, tugasnya juga menyusun rencana wajah baru kawasan pesisir Jakarta tanpa reklamasi yang disebut sudah diselesaikan pada November 2019.

"Dengan demikian seluruh tugas pokok Komite Pesisir untuk menyusun rencana kawasan pesisir Jakarta telah selesai, dan karena ada rencana menuntaskan penulisan buku, maka disepakati untuk saya non-aktif dari kegiatan di TGUPP per 1 Desember 2019," kata Marco.

Pria yang pernah masuk dalam tim sinkronisasi Anies-Sandiaga saat Pilgub 2017 lalu ini juga mengklaim program perbaikan kampung yang terletak di kawasan pesisir pun telah berlangsung dengan baik dan benar sesuai dengan yang direncanakan.

“Tentu saja belum semua janji tertunaikan tuntas, tapi Insya Allah sudah berlangsung di jalan dan menuju ke arah yang benar, dan akan tunai tuntas pada waktunya, mengutip Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," tutur dia.

Marco mengundurkan diri dari jabatannya pada 1 Desember 2019 lalu.

Marco kini sudah tidak lagi bergabung dalam tim bentukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

"Iya [sudah bukan TGUPP], sudah mengundurkan diri sejak 1 Desember," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Suharti saat dihubungi, Selasa (10/12/2019) lalu.


Baca juga artikel terkait TGUPP DKI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Abdul Aziz
DarkLight