Menuju konten utama

MR DIY Kemas Laba Rp507,4 M di Semester I 2025, Turun 5% YoY

Laba MR DIY ditopang pertumbuhan pendapatan sebesar 16,5 persen menjadi Rp3,7 triliun.

MR DIY Kemas Laba Rp507,4 M di Semester I 2025, Turun 5% YoY
Ilustrasi akutansi keuangan. FOTO/iStockphoto

tirto.id - PT Daya Intiguna Yasa Tbk atau MR DIY Indonesia mengantongi laba sebesar Rp507,4 miliar sepanjang semester pertama 2025. Capaian tersebut turun 5 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (year on year/yoy) yang sebesar Rp534,2 miliar.

Laba MR DIY ditopang pertumbuhan pendapatan sebesar 16,5 persen yoy menjadi Rp3,7 triliun. Sementara laba kotor tercatat sebesar Rp2,08 triliun atau tumbuh 19,1 persen dari periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,75 triliun, dengan margin laba kotor yang naik menjadi 55,9 persen.

Direktur Utama MR DIY Indonesia Edwin Cheah mengatakan, pertumbuhan pendapatan tersebut didorong peningkatan transaksi sebesar 11,6 persen yoy menjadi 47,6 juta. Ini terutama disebabkan ekspansi jaringan toko dan strategi pemasaran di tengah dinamika pasar dan perubahan perilaku konsumen.

“Kami tetap berfokus pada efisiensi operasional, memahami kebutuhan konsumen, dan memperkuat fundamental bisnis kami. Pertumbuhan berkelanjutan dibangun melalui ekspansi yang konsisten, eksekusi yang solid, dan adaptasi terhadap dinamika pasar,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (31/7/2025).

Sebagai bagian dari strategi utama, lanjut Edwin, MR DIY Indonesia juga terus menjalankan ekspansi secara konsisten. Sepanjang semester pertama 2025, perseroan menambah 128 toko baru, sehingga total jaringan mencapai 1.086 toko di seluruh Indonesia.

Memasuki semester kedua 2025, Perseroan berkomitmen untuk menjaga laju ekspansi yang sehat sekaligus memperluas dampak positif kepada konsumen dan masyarakat. Fokus efisiensi operasional juga terus diperkuat, disertai penawaran produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen.

“Kami melihat dinamika pasar saat ini sebagai peluang untuk terus bertumbuh, dengan menghadirkan solusi tepat guna dan terjangkau bagi konsumen yang semakin cermat dalam berbelanja,” tutur Edwin.

“Di kondisi saat ini, kami bahkan melangkah lebih jauh melalui penawaran spesial dengan nilai tambah yang lebih besar. Dengan nilai dan konsistensi pendekatan kami, MR.D.I.Y. Indonesia berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis jangka panjang,” imbuhnya.

Dalam kesempatan sama, Chief Financial Officer MR DIY Indonesia Rika Juniaty Tanzil menyampaikan, arus kas operasional juga meningkat sebesar 167 persen menjadi Rp533 miliar, sementara gearing ratio berada di tingkat 0,4x. "Kami terus memastikan ketahanan bisnis sekaligus menjaga pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan,” ucapnya sembari menambahkan bahwa margin laba bersih tercatat stabil di angka 13,6 persen.

Baca juga artikel terkait RITEL atau tulisan lainnya dari Hendra Friana

tirto.id - Insider
Penulis: Hendra Friana
Editor: Dwi Aditya Putra