Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah berdiskusi dengan Menteri BUMN Erick Thohir agar BUMN memberikan kesempatan kepada swasta untuk lebih banyak terlibat dalam proyek-proyek infrastruktur.

Sebab, upaya memberikan kesempatan swasta terlibat dalam proyek-proyek infrastruktur belum sepenuhnya dilaksanakan meski hal tersebut sudah ada sejak lama.

"Jadi saya dengan bapak Menteri BUMN Erick Thohir sudah berdiskusi, beliau akan melakukan relaksasi," ujar Menteri Basuki di Jakarta, Rabu (6/11/2019) seperti dikutip Antara.

"Saya minta BUMN tidak mendominasi," tambah Menteri Basuki.

Menurut Basuki, jika Internal rate of Return dan financial survivalability sebuah proyek bagus, maka proyek itu akan diserahkan ke swasta.

Namun jika swasta tak mau dan mampu, maka proyek tersebut bakal dikerjasamakan dengan BUMN. Jika belum ada juga keterlibatan swasta, maka proyek itu akan berstatus penugasan seperti proyek Tol Trans Sumatera yang dikerjakan Hutama Karya.

Sementara jika penugasan tersebut tak mampu juga ditangani oleh BUMN, maka proyek tersebut akan ditangani pemerintah dan didanai APBN.

"Sebetulnya di proyek jalan nasional, BUMN juga tidak banyak. Kalau di tempat kami di Kementerian PUPR, pengerjaan jalan nasional itu kebanyakan dikerjakan oleh swasta," kata Menteri Basuki.