Menteri Bahlil: RI Terima Investasi Rp5,2 Triliun dari Cargill AS

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 15 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Rencana investasi ini terdiri atas perluasan usaha, pabrik pengolahan jagung, hingga fasilitas kilang minyak kelapa sawit senilai 200 juta dolar AS.
tirto.id - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjelaskan, pemerintah Indonesia mendapatkan investasi senilai 350 juta dolar AS setara Rp5,2 triliun dengan kurs Rp15.000 per dolar AS dari Cargill dalam kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS).

“Kami mengapresiasi kehadiran Cargill yang sudah cukup lama di Indonesia dan telah berkontribusi memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Tim Kementerian Investasi siap membantu merealisasikan rencana investasi Cargill selanjutnya,” jelas dia dalam keterangan resmi, Kamis (15/7/2021).

Usai pertemuannya dengan Ambassador David Nelson selaku perwakilan dari Cargill, Bahlil menjelaskan perusahaan makanan dan minuman yang telah berada di Indonesia sejak tahun 1974, memiliki rencana perluasan dan investasi baru dalam kurun waktu 2-3 tahun mendatang senilai 350 juta dolar AS.

Rencana investasi ini terdiri atas perluasan usaha 50 juta dolar AS, pabrik pengolahan jagung di Jawa Timur senilai 100 juta dolar AS yang akan beroperasi secara komersial pada awal 2022 dan fasilitas kilang minyak kelapa sawit di Lampung senilai 200 juta dolar AS yang telah dimulai dan ditargetkan selesai dibangun pada akhir 2022.

Sebagai informasi, Cargill merupakan perusahaan global yang berbasis di Minnesota dengan 155.000 karyawan tersebar di seluruh dunia dan memiliki misi menyediakan nutrisi untuk dunia. Hadir di Indonesia sejak 1974, Cargill merintis dengan mendirikan sebuah pabrik pakan ternak di Bogor, Jawa Barat hingga kini merambah di industri minyak kelapa sawit, protein, pemanis, pemrosesan kakao dan kopra. Saat ini, kantor pusat Cargill berlokasi di Jakarta dengan lebih dari 20.000 pegawai yang tersebar di 60 lokasi di Indonesia.




Baca juga artikel terkait INVESTASI AMERIKA SERIKAT atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight