Menperin Agus Usul Anggaran Sebesar Rp3,4 Triliun untuk 4 Program

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 23 Juni 2020
Menperin Agus Gumiwang mengusulkan tambahan anggaran untuk Kementerian Perindustrian sebesar Rp3,4 triliun dari APBN 2021 fokus untuk 4 program.
tirto.id - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengusulkan tambahan anggaran untuk Kementerian Perindustrian sebesar Rp3,4 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tahun 2021.

“Kiranya saya mohon usulan anggaran di 2021 bisa disetujui," kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta Selatan, Selasa (23/6/2020).

Agus mengatakan, tambahan anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk membiayai sejumlah program prioritas di sektor industri.

“Awalnya ada sembilan program tapi kemudian dibuat menjadi empat program agar lebih fokus," terang dia.

Penambahan anggaran tersebut akan difokuskan untuk menunjang empat program utama. Yaitu program perlindungan dan pengawasan industri dalam negeri, pertumbuhan industri subtitusi impor, penyiapan sumber daya manusia, dan pengembangan infrastruktur digital.

Secara rinci dalam paparannya ia menjelaskan program perlindungan dan pengawasan industri dalam negeri Rp1,5 triliun. Kemudian pertumbuhan industri subtitusi impor Rp500 miliar.

Ada pula penyiapan sumber daya manusia sebesar Rp1 triliun. Kemudian program yang terakhir yaitu pengembangan infrastruktur digital sektor industri sebesar Rp410 miliar.

"Program kerja itu merupakan hasil restrukturisasi agar kinerja lebih fokus untuk menggairahkan lagi sektor industri akibat terdampak pandemi Covid-19," kata politikus Golkar ini.


Baca juga artikel terkait KEMENPERIN atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight