Menko PMK Puan Lepas Rombongan Mudik Lebaran Gratis PDI-P

Oleh: Mohammad Bernie - 12 Juni 2018
PDI-P menyediakan 143 bus yang akan mengantarkan sekitar 8,104 peserta ke berbagai wilayah.
tirto.id - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani melepas rombongan mudik gratis dari PDI-Perjuangan di Kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Tadi saya sudah bertemu dengan beberapa orang dari dua bus yang menuju Jawa Tengah, mereka merasa terbantu," kata Puan, Selasa (12/06/2018).

Pada tahun ini, PDI-P menyediakan 143 bus yang akan mengantarkan sekitar 8,104 peserta ke berbagai wilayah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Ratusan bus pun sudah berjejer di sisi jalan Lenteng Agung Raya sejak dari kantor DPP PDI-Perjuangan. Ribuan orang lainnya pun sudah bersiap di bus masing-masing.

Sedianya rombongan akan diberangkatkan pukul 09.30 WIB. Namun, Puan sendiri baru datang sekitar pukul 10.00 WIB, dan melepas rombongan beberapa waktu kemudian.

Dalam keterangan persnya, Puan menyatakan sebelumnya juga sudah memantau kesiapan fasilitas mudik di sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung dan Banten.

"Jadi Insyaallah yang melewati jalur-jalur Jawa Barat Jawa Tengah dan Jawa Timur ini Insyaallah berjalan dengan lancar," ujar Puan.

Selain menggunakan bus, PDI-P pun memberangkatkan 725 pemudik dengan menggunakan kereta api ke Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Semarang. Pemberangkatan dilakukan dari Stasiun Pasar Senen dan dilepas oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Pada tahun 2017 lalu PDI-P pun mengadakan mudik gratis. Pada saat itu total ada 5.800 orang yang menjadi peserta. Kini angka itu bertambah menjadi 8.829 peserta dengan menggunakan beragam transportasi.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Alexander Haryanto