Medsos Kemdikbud Dibanjiri Keluhan Siswa SMA Soal UNBK Matematika

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 2 April 2019
Sejumlah siswa SMA mengeluhkan sulitnya mengerjakan soal UNBK Matematika yang berlangsung hari ini Selasa (2/4/2019).
tirto.id - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah memasuki hari ke-2 dan Matematika menjadi mata pelajaran yang diuji.

Sejumlah siswa SMA mengeluhkan sulitnya saat mengerjakan soal tersebut di akun media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Menurut pantauan Tirto, siswa lebih banyak menyampaikan keluhan di salah satu postingan Instagram yakni @kemdikbud.ri. Hingga pukul 18.20 WIB, akun tersebut telah dipenuhi dengan 19.500 komentar.

Akun Instagram @daffa_dapuk menulis "Saya Kira tadi itu ujian matematika pak, ternyata ujian hidup."

Akun lainnya @curhatan.anaksekolah juga menulis mengenai UN matematika "Kenapa sih pak gak diharamin aja matematika? Padahal bikin orang sengsara:( ."

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan sejauh ini pelaksanaan UN berlangsung lancar dan kalaupun ada kendala dikarenakan masalah teknis.

"Sejauh ini berjalan lancar, belum ada kendala. Kemarin ada laporan sekolah yang komputernya terkena virus tapi sudah bisa diatasi," kata Mendikbud.

Ia meminta agar siswa untuk jujur dalam melaksanakan UN. Sebanyak 2.019.680 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Tanah Air mengikuti Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan pada 1,2,4, dan 8 April.

Para siswa SMA/MA tersebut akan mengikuti UN yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan.

Sebanyak 97,8 persen Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 2,2 persen Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), sementara UN SMA/MA susulan akan dilakukan pada 13 April hingga 14 April 2019.





Baca juga artikel terkait UNBK 2019 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Maya Saputri