Manfaat Tidur Tanpa Bantal: Perbaiki Postur dan Cegah Sakit Leher

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 4 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat tidur tanpa bantal bisa mencegah sakit leher dan memperbaiki postur tubuh.
tirto.id - Tidur dengan bantal tidak menjamin seseorang bangun tanpa mengalami sakit leher, tidur tanpa bantal justru bisa menjadi solusi bagi yang pernah mengalami masalah pada postur tubuh. Tetapi masih saja ada yang pro dan kontra terkait tidur dengan atau tanpa bantal.

Meskipun belum ada penelitian yang dapat membuktikan kebenaran tidur tanpa bantal, namun ada dua manfaat tidur tanpa bantal yang bisa didapatkan, berikut ulasannya seperti dilansir dari laman HealthLine:

1. Memperbaiki postur tubuh

Saat tidur tengkurap, meletakkan bantal di punggung dapat membuat tulang belakang menjadi lebih baik. Tetapi hal itu tidak akan sepenuhnya bisa mengimbangi posisi yang wajar. Tulang belakang tidak bisa netral dikarenakan sebagian besar berat badan ada di tengah-tengah tubuh.

Agar postur menjadi lebih baik saat tidur tengkurap, letakkan bantal di bawah perut dan panggul. Hal ini akan mengangkat bagian tengah tubuh dan mengurangi tekanan pada tulang belakang, khususnya jika bantal tidak diletakkan di bawah kepala.

2. Mencegah sakit leher

Tidur tanpa bantal dan sakit leher memiliki hubungan yang erat. Jika mengalami sakit perut, tidur tanpa bantal dapat membantu leher untuk tetap pada posisi yang lebih alami.

Saat menggunakan bantal, biasanya keinginan untuk memalingkan kepala ke kanan dan ke kiri tidak bisa dihindari. Hal ini yang bisa menyebabkan peregangan sendi leher dan otot sehingga membuat kepala sakit.

Sementara saat tidur tanpa bantal, leher akan tetap dalam posisi sejajar sepanjang malam. Dan cara ini bisa membuat tekanan pada otot leher terdistribusi secara merata yang akan mengurangi sakit leher, kaku, dan sakit kepala.

Tidur tanpa bantal memang sulit dilakukan jika tak terbiasa, butuh waktu dan proses agar tidur tanpa bantal bisa menjadi nyaman. Kiat di bawah ini perlu dicoba untuk mulai tidur tanpa bantal:

  • Kurangi secara bertahap pemakaian bantal di kepala saat tidur. Bisa dimulai dengan meletakkan selimut atau handuk yang dilipat, kemudian buka lipatan handuk atau selimut secara berkala dari waktu ke waktu hingga akhirnya handuk dilepas sama sekali di kepala yang membuat kesiapan tidur tanpa satu penopang pun di kepala.
  • Cobalah sesekali tidur tengkurap dan letakkan bantal di bawah perut serta panggul untuk membantu tulang belakang tetap netral.
  • Jika tidur miring, gunakan bantal dan letakkan juga penopang di bawah lutut agar postur tetap stabil.
  • Pilih kasur yang tepat, karena dengan kasur yang tepat, tidur tanpa bantal akan membuat posisi jadi lebih nyaman. Jangan pilih kasur yang keras atau terlalu lunak, sebab kasur yang terlalu lunak akan membuat tulang belakang jadi mengendur yang mengakibatkan sakit pada punggung.


Baca juga artikel terkait TIDUR atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight