Manfaat Kencur: Antioksidan Hingga Obat Batuk Herbal

Oleh: Febriansyah - 8 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Manfaat kencur untuk kesehatan, mulai dari obat batuk, antioksidan, hingga mampu meningkatkan nafsu makan.
tirto.id - Kencur adalah salah satu tanaman herbal umum di Indonesia dan kerap ditemukan dalam masakan serta minuman tradisional seperti jamu.

Dikenal di dunia botani sebagai Kaempferia galanga, kencur adalah tanaman dalam keluarga jahe yang ditemukan terutama di daerah terbuka di Indonesia, Cina selatan, Taiwan, dan Kamboja.

Sekilas, Kencur menyerupai penampilan jahe, tetapi memiliki rasa yang berbeda dan khas. Kencur memiliki rasa yang kuat dengan rasa yang menyengat.

Di Indonesia kencur dikenal dalam minuman Jamu Beras Kencur, salah satu minuman alternatif yang dipercaya sebagai obat.

Apa saja manfaat kecur?

Antioksidan

Tubuh kita membutuhkan antioksidan untuk mengusir radikal bebas berbahaya dan virus. Antioksidan ini salah satunya bisa diperoleh dari kencur. Ini juga menjelaskan mengapa Kencur baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta, menjelaskan bahwa karakteristik antioksidan yang dihasilkan oleh beras kencur sangat besar, yakni RSA DPPH 88,25 persen dan aktivitas antioksidan FRAP 91,71 persen.

Peningkatan energi

Kencur baik untuk meningkatkan energi. Rebus 2 cm Kencur dengan satu gelas air, dan minum setiap malam sebelum tidur. Di pagi berikutnya Anda akan menemukan diri Anda segar dan energik.

Banyak formula dupa Tibet dan Jepang masih mengandung kencur, terutama dalam formula untuk meningkatkan energi dan kesadaran, mengatasi kelelahan, dan menciptakan lingkungan internal yang damai dan kontemplatif.

Meningkatkan nafsu makan

Kencur juga dikenal mampu meningkatkan nafsu makan. Senyawa berkhasiat etil p-metoksisinamat dari rimpang kencur bekerja dengan merangsang hati untuk menghasilkan empedu lebih banyak dan mengaktifkan enzim pencernaan sehingga mempercepat pencernaan dan absorbsi lemak.

Oleh karena itu umum bagi anak-anak Indonesia untuk mengkonsumsi Jamu Beras Kencur, karena diyakini dapat meningkatkan nafsu makan mereka.

Mengurangi kolesterol jahat

Penelitian dari Fakultas Kedoktoran Universitas Tanjungpura menunjukkan, jamu gendong beras kencur memiliki aktivitas anti-diabetes yang ditunjukkan dengan adanya penurunan kadar glukosa darah.

Jamu yang terbuat dari Kencur dapat mempromosikan produksi empedu dalam tubuh kita. Empedu bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin, termasuk kolesterol jahat.

Obat batuk

Kencur dipercaya mampu mengobati batuk. Orang-orang biasanya meminum sari dari kencur untuk mengurangi batuk mereka.

Kencur ditemukan mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri.


Baca juga artikel terkait OBAT HERBAL atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Kesehatan)


Penulis: Febriansyah
Editor: Yulaika Ramadhani