Layanan Dukungan Psikososial Digelar Serentak di Lima Provinsi

Penulis: Alexander Haryanto - 13 Des 2021 10:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Dukungan psikososial perlu diberikan kepada penderita Covid-19 agar bisa melewati masa penyembuhan dengan baik.
tirto.id - Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyelenggarakan rangkaian kegiatan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan Layanan Dukungan Psikososial secara serentak di lima provinsi di Indonesia. Acara yang digelar di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur itu dilaksanakan selama enam hari, tepatnya 2 - 7 Desember 2021.

Total ada sekitar 30 relawan yang ada di setiap provinsi dan bekerja sama dengan berbagai perwakilan organisasi kemasyarakatan, dinas sosial, dinas kesehatan, Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), lembaga sosial serta BPBD tingkat Provinsi dan Kota/Kabupaten.

“Kondisi kesehatan jiwa masyarakat yang terganggu selama masa pandemi adalah fenomena nyata yang harus segera disikapi,” kata Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Andre Rahadian melalui keterangan tertulisnya.

Andre mengatakan, aspek psikososial ini perlu mendapat perhatian yang lebih sebab dampak jangka panjangnya bisa mempengaruhi berbagai persoalan, khususnya di persoalan produktivitas.

“Untuk itulah kehadiran relawan layanan dukungan psikososial di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan dan menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Peningkatan Kapasitas Relawan Layanan Dukungan Psikososial (LDP),” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Psikologi Sub-Bidang Organisasi Relawan Kesehatan Satgas COVID-19, Dr. Endang Mariani tak memungkiri kalau selama ini hal yang berkaitan dengan psikososial belum banyak diperhatikan.

“Memang, telah banyak layanan dukungan psikososial yang diadakan oleh berbagai instansi, lembaga dan organisasi, seperti layanan bantuan psikologi “Sejiwa” dan #SahabatRelawan, yang dilakukan secara daring. Namun, dukungan psikososial yang diberikan secara langsung di masyarakat, belum banyak dilakukan,” ungkapnya.

Menurut dia, dukungan psikososial itu perlu diberikan kepada penderita Covid-19 sehingga mereka bisa melewati masa penyembuhan dengan baik. Sebab, kebanyakan dari mereka yang terpapar Covid-19 itu tidak didampingi pihak keluarga.

Secara garis besar, kata Kepala Sub-Bidang Relawan Kesehatan BKR Satgas COVID-19 dr. Joseph Frederick William, program ini merupakan rangkaian upaya pembentukan relawan Layanan Dukungan Psikososial yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh Bidang Koordinasi Relawan sejak bulan Oktober 2021 di enam provinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Papua, Sulawesi dan Bali.

“Para relawan yang telah dilatih diharapkan dapat berperan aktif di tengah masyarakat menjadi Satgas COVID-19 di tiap daerah untuk bersama-sama menjaga kesehatan mental masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

“Satgas Relawan akan terus bersinergi melalui relawan binaan yang digalang dan dilatih di total sebelas Provinsi bersama berbagai Kementerian, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan berbagai organisasi profesi dan kemasyarakatan di Indonesia untuk terus mewujudkan kesehatan mental bagi masyarakat dan terutama kelompok rentan yang terdampak pandemi,” pungkasnya.

Banner BNPB Info Lengkap Seputar Covid19
Banner BNPB. tirto.id/Fuad

Baca juga artikel terkait PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight