Korsel Masuk 10 Tim Piala Dunia 2018 dengan Peringkat FIFA Terendah

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Korea Selatan dan empat negara Asia lain masuk dalam 10 tim dengan peringkat FIFA terendah di Piala Dunia 2018.
tirto.id - Korea Selatan termasuk dalam 10 tim dengan peringkat FIFA terendah di Piala Dunia 2018. Selain mereka, empat negara wakil Asia lain juga masuk dalam daftar ini. Di posisi terakhir dalam daftar, terdapat tuan rumah Rusia, sang urutan ke-70.

Peringkat FIFA terakhir menjelang Piala Dunia 2018 sudah diumumkan pada 7 Juni lalu. Meskipun peringkat ini tidak dapat dijadikan sebagai tolok ukur performa tim secara mutlak, peringkat ini adalah 'bukti paling kasat mata' untuk memantau perkembangan tim, apalagi menjelang turnamen sebesar Piala Dunia.

Tim yang paling terpengaruh dengan peringkat FIFA ini adalah Rusia, yang menempati posisi ke-70 atau yang terburuk di antara 32 peserta Piala Dunia 2018. Ini ditambah dengan catatan buruk sang tuan rumah Piala Dunia yang tak pernah menang dalam tujuh laga internasional terakhir.

Negara dengan peringkat FIFA terburuk kedua di Piala Dunia 2018 adalah Arab Saudi. Menghilang dalam dua edisi Piala Dunia paling mutakhir, performa Elang Hijau menuju Rusia juga kurang meyakinkan. Mereka kalah tiga kali beruntun, terakhir melawan Jerman pada Sabtu (9/6/2018).

Cukup unik, dua tim dengan peringkat FIFA terburuk ini akan bertemu dalam partai pembukaan Piala Dunia 2018 yang digelar hari ini Kamis, 14 Juni pukul 22.00 WIB di Stadion Luzhniki, Moskwa.

Dua negara Asia Timur, Jepang (peringkat ke-61) dan Korea Selatan (peringkat ke-57) ada di urutan berikutnya. Dengan demikian, tiga dari lima tim terbawah berasal dari Asia. Bagi Korea Selatan sendiri, sebenarnya mereka sudah melompat empat tingkat dari posisi bulan sebelumnya.

Korea Selatan otomatis menjadi negara terbawah di Grup F, yang diisi Jerman (peringkat 1), Meksiko (peringkat ke-15), dan Swedia (peringkat ke-24). Namun, hal itu tidak membuat bintang Taegeuk Warriors, Son Heung-Min, melempar handuk putih sejak awal.

"Ini adalah grup yang berat. Swedia lebih baik dari kami, demikian pula Meksiko dan tentu saja Jerman, yang jauh lebih baik. Tapi kami ingin menang ketika kami bermain, tidak ada yang ingin kalah. Sepak bola adalah (laga) 11 (pemain) lawan 11. Tentu saja, kualitas menciptakan perbedaan tetapi secara mental kami harus lebih siap daripada tim lain," kata Son Heung-Min dikutip FIFA.

Persiapan Korea Selatan menjelang Piala Dunia 2018 sendiri kurang memuaskan. Mereka hanya meraih satu kemenangan dalam empat uji coba sejak bulan Mei, dari Honduras dengan skor 2-0. Setelahnya, Taegeuk Warriors tumbang dari Bosnia 1-3, imbang dengan Bolivia 0-0, dan tumbang dari Korea Selatan 2-0.

Oleh karenanya, laga melawan Swedia pada Senin, 18 Juni 2018 akan menjadi jawaban, berapa besar pengaruh peringkat FIFA untuk Korea Selatan, yang berbeda 33 tingkat dari sang lawan.




Berikut ini daftar 10 tim peserta Piala Dunia 2018 dengan peringkat FIFA terendah.

Australia (peringkat ke-36)
Iran (peringkat ke-37)
Maroko (peringkat ke-41)
Mesir (peringkat ke-45)
Nigeria (peringkat ke-48)
Panama (peringkat ke-55)
Korea Selatan (peringkat ke-57)
Jepang (peringkat ke-61)
Arab Saudi (peringkat ke-67)



Rusia (peringkat ke-70)

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus