Banjir Bandang Sentani

Kodam XVII/Cenderawasih Buka Posko Kesehatan untuk Tangani Korban

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 17 Maret 2019
Posko kesehatan dibuka untuk menangani korban banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.
tirto.id - Sejumlah posko kesehatan dibuka oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih, untuk menangani korban yang terdampak banjir bandang di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (17/3/2019).

Kepala Kesehatan Kodam (Kakesdam) XVII/Cenderawasih Kolonel ckm dr Djanuar fitriadi SpB mengatakan pembukaan sejumlah posko tersebut berdasarkan perintah pimpinan.

"Berdasarkan perintah Pangdam Cenderawsih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring serta adanya laporan tentang bencana banjir bandang di Sentani yang menelan korban jiwa terhadap warga terdampak bencana, maka kami langsung bergerak ke pusat bencana untuk memberikan bantuan pelayanan kesehatan," tambahnya.

Menurut dia, tim Kesdam Cenderawasih telah bergerak sejak Sabtu (16/3) malam sekitar pukul 22.15 WIT.

"Tim kesehatan ini langsung saya pimpin dengan koordinator lapangan adalah Kepala Rumah Sakit (Karumkit Tk II) Marthen Indey Kolonel ckm dr Budi SpKJ," ujarnya.

Untuk efektifitas dalam pelaksanaan tugas, sebutnya Tim Kesdam Cenderawasih dibagi menjadi tiga tim penugasan, antara lain tim evakuasi yang dipimpin oleh Mayor CKM Dwiry, tim pengobatan dan pengungsian dipimpin oleh Lettu Ckm dr Irwan.

"Dan tim rumah sakit lapangan (Rumkitlap) dipimpin oleh Myr Ckm Akli," katanya.

Selain itu, kami juga mengerahkan 40 orang paramedis dan dokter yang siap memberikan pelayanan kepada korban, lanjutnya.

Dalam pelaksanaan tugasnya Tim Kesdam Cenderawasih didukung oleh lima unit ambulans dan satu unit mobil jenazah.

Yang dilengkapi sejumlah peralatan kesehatan dan obat-obatan yang dibutuhkan.

Saat ini posko Kesehatan Kodam XVII/Cenderawasih sudah beroperasi di halaman Kantor Bupati Jayapura dan telah melayani ratusan korban bencana banjir bandang Sentani," tambahnya.


Baca juga artikel terkait BANJIR BANDANG atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH