tirto.id - Kisi-kisi materi pokok SKB CPNS Widyaiswara dan contoh soalnya dapat dipelajari oleh peserta yang akan mengikuti tes SKB CPNS pada 20 November hingga 17 Desember 2024.
SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang adalah ujian lanjutan yang akan diikuti oleh para peserta seleksi CPNS setelah dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).
Pada tes SKB CPNS, peserta seleksi akan menghadapi soal yang berhubungan dengan formasi yang mereka lamar. Maka itu, pada tahap ini peserta seleksi dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan mengetahui tugas dan tanggung jawab yang akan mereka jalankan jika nanti dinyatakan lolos CPNS.
Selain itu, nilai SKB memiliki andil besar dalam menentukan hasil akhir seleksi CPNS. Pasalnya, hasil akhir seleksi CPNS diperoleh dari integrasi nilai SKD dengan bobot 40% dan SKB dengan bobot 60%. Dengan kata lain, SKB merupakan bagian paling besar dalam menentukan seseorang lolos CPNS.
Pada seleksi CPNS 2024, salah satu formasi yang dibuka adalah jabatan fungsional Widyaiswara. Berdasarkan PerMenpan RB Nomor 22 Tahun 2014 Pasal 5, Widyaiswara berada di bawah pembinaan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).
Widyaiswara bertugas dalam melaksanakan seluruh pelatihan pada tingkat pelatihan dasar calon PNS mulai dari perencanaan, penyusunan modul, pengembangan pelatihan, hingga evaluasi kegiatan.
Kisi-kisi Materi Pokok SKB Widyaiswara
Kisi-kisi materi pokok SKB Widyaiswara seleksi CPNS 2024 telah disampaikan dalam lampiran surat Menpan RB Nomor B/5457/M.SM.01.00/2024 perihal Materi Pokok Soal Seleksi Kompetensi Bidang dengan CAT untuk Seleksi Pengadaan CPNS Tahun Anggaran 2024.
Pada regulasi tersebut disebutkan bahwa terdapat 11 poin materi pokok SKB Widyaiswara yang bisa dijadikan panduan bagi peserta seleksi CPNS 2024 untuk mempersiapkan diri jelang ujian SKB, meliputi:
1. Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN.
2. Pembelajaran Orang Dewasa.
3. Rancang Bangun dan Rencana Pembelajaran Mata Pelatihan.
4. Media Pembelajaran.
5. Metode Pembelajaran.
6. E-learning/Pembelajaran Daring.
7. Teknik Komunikasi dalam Pembelajaran.
8. Praktik Mengajar/Micro Teaching.
9. Penyusunan Kurikulum.
10. Penyusunan Modul Pelatihan.
11. Dasar-dasar Karya Tulis Ilmiah (KTI).
Contoh Soal SKB Widyaiswara dan Jawabannya
Berikut ini adalah contoh soal SKB CPNS Widyaiswara lengkap dengan jawabannya, dapat digunakan untuk bahan latihan sebelum menghadapi ujian SKB pada 20 November hingga 17 Desember 2024.
1. Yang termasuk kelebihan pembelajaran langsung adalah…
A. Memerlukan waktu yang relatif cepat
B. Memungkinkan mahasiswa belajar keterampilan dalam berinteraksi sosial
C. Jika digunakan untuk meningkatkan pemahaman yang sifatnya memerlukan tahapan yang rumit
D. Tidak memunculkan ide-ide bagi siswa
E. Alur pembelajaran tidak terkonsep
Jawaban: B. Memunngikinkan mahasiswa belajar keterampilan dalam berinteraksi sosial.
2. Ciri dari model pembelajaran kooperatif adalah:
A. Pembelajaran yang tidak efektif
B. Dosen kurang memperhatikan individual siswa
C. Dosen kurang merencanakan sarana dan prasarana
D. Informasi yang disampaikan tidak jelas
E. Penilaian capaian pembelajaran menekankan pada kerja kelompok
Jawaban: E. Penilaian capaian pembelajaran menekankan pada kerja kelompok.
3. Penggabungan antara model pembelajaran individual dengan pembelajaran kooperatif termasuk model pembelajaran…
A. Model Group Investigation
B. Model Team Assisted Individualization
C. Jigsaw
D. Pembelajaran langsung
E. Pembelajaran tidak langsung
Jawaban: B. Model Team Assisted Individualization.
4. Metode pembelajaran yang dilakukan dengan mempertunjukkan sesuatu melakukan sesuatu secara runtut dan benar adalah metode…
A. Demonstrasi
B. Ceramah
C. Debat
D. Berdiskusi
E. Semua benar
Jawaban: A. Demonstrasi.
5. Kelemahan dari metode diskusi adalah…
A. Suasana kelas menjadi lebih hidup dan tidak membosankan
B. Mahasiswa lebih banyak belajar sendiri dalam memahami konsep
C. Mahasiswa tidak hanya belajar memahami suatu konsep, tetapi juga belajar soft skill
D. Peserta diskusi hanya mendapatkan informasi dari informasi yang diperoleh selama diskusi
E. Mengoptimalkan potensi mahasiswa dalam menyampaikan ide
Jawaban: D. Peserta diskusi hanya mendapatkan informasi dari informasi yang diperoleh selama diskusi.
6. Manfaat Media dalam Proses Pembelajaran, kecuali…
A. Penyampaian materi perkuliahan dapat diseragamkan
B. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik
C. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
D. Jumlah Waktu Belajar Mengajar dapat dikurangi
E. Kualitas belajar mahasiswa menurun
Jawaban: E. Kualitas belajar mahasiswa menurun.
7. Pada saat hari sekolah Anisa tidak masuk sekolah karena sakit, ia ketakutan ketinggalan pelajaran hari itu. Namun sekolah Anisa telah menggunakan metode pembelajaran modern yang dapat diakses dimanapun dan terangkum secara jelas. Elemen penting yang digunakan untuk metode pembelajaran adalah...
A. Strategi instruksional
B. E-learning
C. Pembelajaran langsung
D. Pengalaman pribadi
E. Semua benar
Jawaban: B. E-learning.
8. Belajar melalui media online ini memiliki sejumlah kelebihan, antara lain…
A. Media pembelajaran monoton
B. Materi pembelajaran kurang update
C. Peluang untuk bertukar pikiran
D. Komunikasi lebih susah
E. Tidak adanya navigasi
Jawaban: C. Peluang untuk bertukar pikiran.
9. Kelemahan MOOC antara lain…
A. Sering terjadi gangguan teknis yang dapat mengganggu pembelajaran.
B. Interaksi personal tidak terbatas
C. Personal touch yang sering dilakukan sehingga adanya interaksi
D. Biaya murah dan gratis bagi pembelajar
E. Potensi untuk terjadinya jalinan interaksi dengan masyarakat global
Jawaban: A. Sering terjadi gangguan teknis yang dapat mengganggu pembelajaran.
10. Pak Baskoro dalam menyusun materi selalu mempertimbangkan tingkat kesukaran materi, cakupan materi sehingga hal tersebut menentukan...
A. Indikator Pencapaian Kompetensi
B. Alokasi waktu
C. Sumber
D. Pengalaman belajar
E. Pemetaan Kompetensi
Jawaban: B. Alokasi waktu.
11. Bu Dini dalam memberikan materi kepada siswa berdasarkan materi pokok dalam RPS sehingga memudahkan siswa dalam memahaminya,langkah yang diambil Bu Dini termasuk…
A. Menentukan metode pembelajaran
B. Mengidentifikasi materi
C. Merumuskan langkah-langkah
D. Mengkaji capaian pembelajaran
E. Menentukan alat yang digunakan
Jawaban: B. Mengidentifikasi materi.
12 Yang tidak termasuk dalam keterampilan dasar mengajar adalah…
A. Menjelaskan
B. Mengelola kelas
C. Membimbing diskusi kelompok
D. Bertanya
E. Memotong pembicaraan
Jawaban: E. Memotong pembicaraan.
13. Dalam menerapkan keterampilan bertanya, dosen pedu menghindari kebiasaan berikut
A. Menunjuk dulu sebelum bertanya
B. Menjawab pertanyaan mahasiswa
C. Mengajukan pertanyaan yang telah diajarkan
D. Mengajukan pertanyaan terarah
E. Bertanya terlebih dahulu kemudian menunjuk
Jawaban: A. Menunjuk dulu sebelum bertanya.
14. Dalam menerapkan keterampilan mengelola kelas, perlu dingat beberapa prinsip yaitu, kecuali..
A. Penanaman disiplin diri sendiri
B. Penekanan pada hal-hal yang barsifat negatif
C. Keluwesan dosen dalam pelaksanaan tugas
D. Menggunakan berbagai variasi yang dapat menghilangkan kebosanan
E. Menggunakan kata-kata atau tindakan yang dapat menantang mahasiswa untuk berpikir
Jawaban: B. Penekanan pada hal-hal yang barsifat negatif.
15. Langkah pertama dalam proses pembelajaran strategi Pembelajaran Orang Dewasa Adalah
A. Fasilitator menggali dengan curah pendapat ciri ciri orang dewasa dan secara spesifik dikaitkan dengan bagaimana orang dewasa belajar
B. Fasilitator menjelaskan tentang pergeseran paradigma pendidikan dari teaching menjadi learning
C. Fasilitator menjelaskan tentang pengertian POD,diawali dengan teori belajar sampai munculnya konsep pembelajaran
D. Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan menggunakan bahan tayangan dan deskripsi singkat materi yang akan didapatkan
E. Fasilitator menjelaskan dan memperagakan langkah-langkah melakukan POD pada proses pembelajaran
Jawaban: A. dewasa dan secara spesifik dikaitkan dengan bagaimana orang dewasa belajar.
16. Prinsip prinsip belajar untuk orang dewasa, kecuali:
A. Orang dewasa belajar dengan baik apabila dia secara penuh ambil bagian dalam kegiatan kegiatan
B. Orang dewasa belajar sebaik mungkin apabila apa yang ia pelajari bermanfaat dan praktis
C. Proses belajar dipengaruhi oleh pengalaman pengalaman lalu,dan daya pikir dari warga belajar
D. Dorongan dan semangat dan pengulangan yang terus menerus akan membantu seseorang belajar lebih baik
E. Menunjukkan perlunya materi materi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar
Jawaban: E. Menunjukkan perlunya materi materi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar.
17. Karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris objektif. Makalah biasanya disajikan dalam sebuah seminar atau dipresentasikan di kelas (tugas perkuliahan),yaitu disebut dengan:
A. Tesis
B. Artikel
C. Makalah
D. Paper
E. Skripsi
Jawaban: C. Makalah.
18. Karakteristik karya ilmiah,kecuali :
A. Lugas
B. Logis
C. Efektif
D. Efisien
E. Ilmiah
Jawaban: E. Ilmiah.
19. Ciri-ciri karya ilmiah yang baik adalah sebagai berikut, kecuali:
A. Dapat memberikan informasi berupa pengetahuan kepada pembaca
B. Kebenaran informasi yang ditulis dapat dipertanggung jawabkan
C. Tidak bersifat provokatif atau mengadu domba dan unsur-unsur yang sifatnya negatif
D. Ditulis dengan kaidah keilmiahan atau melalui prosedur penulisan karya ilmiah yang baik
E. Penulisan latar belakang masalah secara lengkap dan mendetail
Jawaban: E. Penulisan latar belakang masalah secara lengkap dan mendetail
20. Pernyataan mendasar tentang apa yang akan diteliti dimuat dalam:
A. Landasan teori
B. Pendahuluan
C. Kesimpulan
D. Metodologi penelitian
E. Hasil penelitian
Jawaban: B. Pendahuluan.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani