Kemenhub: Jalur Kereta Ganda Percepat Mobilitas Masyarakat

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari, tirto.id - 27 Des 2022 18:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pembangunan double track atau jalur kereta ganda oleh Kementerian Perhubungan, dinilai akan membuat laju kereta api semakin cepat.
tirto.id - Pembangunan double track atau jalur kereta ganda oleh Kementerian Perhubungan, dinilai akan membuat laju kereta api semakin cepat. Hal ini akan mempengaruhi mobilitas masyarakat yang cepat serta mudah untuk menjangkau kota lainnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menuturkan, pengembangan jalur ganda kereta api ini akan mempercepat laju kereta serta mobilitas masyarakat yang akan bepergian di pulau Jawa.

Misalnya, Jakarta menuju Surabaya diharapkan waktu yang ditempuh akan memakan waktu kurang dari 5 jam, sehingga akan mempersingkat waktu tempuh.

Budi menambahkan, dengan adanya kereta api jalur ganda ini, masyarakat tidak perlu selalu menggunakan pesawat, karena kereta api jalur ganda yang dikembangkan saat ini sudah melebih batas kecepatan sebelumnya.

“Dibangunnya kereta jalur ganda akan membuat kereta lebih cepat dan mobilitas masyarakat juga nantinya akan juga ikutan cepat. Kereta double track ini diharapkan bisa menjangkau beberapa kota dengan waktu yang singkat, sehingga masyarakat tidak perlu untuk naik pesawat lagi ketika ingin menjangkau beberapa kota,” tutur Budi pada acara Kemenhub jumpa pers akhir tahun 2022 dan outlook kegiatan 2023, Jakarta, Selasa (27/12/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai Tahap I, Senin (26/12/2022). Dia menuturkan Manggarai menjadi stasiun tersibuk karena menyediakan 14 jalur dari sebelumnya 7 jalur.

"Hari ini saya akan meresmikan pengembangan Stasiun Manggarai yang merupakan salah satu stasiun dengan lalu lintas kereta tersibuk di Indonesia," kata Jokowi.

Presiden Jokowi merinci double double track rute Manggarai-Cikarang hingga penambahan lajur di Manggarai dari 7 jalur menjadi 14 jalur. Terdiri 10 jalur kereta api at grade (konsep darat) dan 4 jalur kereta api elevated (melayang).

Kemudian, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan pengembangan Stasiun Manggarai sangat penting untuk meningkatkan frekuensi dan perjalanan kereta api. Lalu meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat dari Jakarta ke kota-kota penyangga lainnya dan sebaliknya.

Penambahan layanan kereta api Bandara menuju bandara Soekarno Hatta serta mengintegrasikan berbagai model transportasi umum lainnya seperti Transjakarta, ojek online, bajaj. Diharapkan dengan adanya fasilitas dan terintegrasi mendorong masyarakat untuk terus menggunakan transportasi umum.

"Mobilitas dan aktivitas masyarakat akan semakin lancar dan efisien dan masyarakat semakin senang menggunakan transportasi massal, menggunakan transportasi umum," beber Jokowi.

Presiden Jokowi menilai, kereta api merupakan alternatif angkutan umum yang dibutuhkan dan diminati masyarakat. Karena itu, pemerintah kata Jokowi berkomitmen untuk terus mengembangkan infrastruktur kereta.

"Untuk itu pemerintah akan terus membangun dan mengembangkan infrastruktur Perkeretaapian terutama untuk menghubungkan antar wilayah yang padat penduduk baik dengan commuter line, lrt, MRT, kereta cepat, kereta bandara sampai dengan pembangunan double track," pungkas Jokowi.



.

Baca juga artikel terkait DOUBLE TRACK atau tulisan menarik lainnya Hanif Reyhan Ghifari
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight