Kata Analis Soal IHSG Menguat Usai Jokowi Menang Hitung Cepat

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 18 April 2019
Yaki menjelaskan, penguatan IHSG ini turut dipengaruhi optimisme investor saham merespons kemenangan Jokowi dalam hitung cepat.
tirto.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) siang ini berada di posisi 6.521,093 atau naik 0,61 persen dibanding penutupan perdagangan sebelumnya. Mengutip data perdagangan saham RTI, IHSG tampak menguat sendiri di tengah merahnya laju perdagangan bursa saham Asia.

Analis BCA Sekuritas Achmad Yaki menjelaskan, penguatan IHSG ini turut dipengaruhi optimisme investor saham merespons kemenangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam hitung cepat atau quick count Pilpres 2019.

Optimisme investor terutama adanya harapan program-program pemerintah yang saat ini sudah berjalan bisa berlanjut, sehingga tak perlu melakukan banyak penyesuaian dalam keputusan investasi para investor.

"Investor optimistis, semua program pemerintahan saat ini yang dipimpin Pak Jokowi akan berkelanjutan," jelas Yaki saat dihubungi reporter Tirto Kamis (18/4/2019).

Dengan optimisme yang ada saat ini, ia memperkirakan IHSG sepanjang hari ini masih bakal melaju positif.

"IHSG hari ini masih akan berada di area positif dengan range 6.440-6.550," kata dia menyimpulkan.

Laju IHSG menguat sendirian siang ini di Asia. Indeks NIKKEI Jepang melemah 1771,36 poin ke 22.106, Hang Seng Indeks Hong Kong juga terlihat melemah 197,77 poin ke 29.926,77.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Alexander Haryanto