Kalender MotoGP 2020 Bakal Disusun Ulang, Seri Spanyol Prioritas

Oleh: Permadi Suntama - 10 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kalender MotoGP 2020 akan disusun ulang terkait pandemi Corona (COVID-19) dan seri-seri di Spanyol jadi prioritas Dorna.
tirto.id - Dorna Sports tengah fokus untuk seri perdana MotoGP 2020 di Grand Prix Jerez pada 19 Juli mendatang. Pengelola MotoGP tersebut punya harapan tersendiri, yaitu memaksimalkan empat sirkuit yang ada di Spanyol. Dorna memiliki skema menggelar dua grand prix di setiap sirkuit tersebut sebagai langkah awal penyusunan kalender MotoGP 2020 yang terdampak virus Corona (COVID-19).

Terdapat empat sirkuit di Spanyol yang masuk dalam kalender MotoGP 2020, dan semuanya jadi prioritas utama Dorna Sports untuk balapan MotoGP 2020, yaitu Sirkuit Angel Nieto di Jerez, Sirkuit Catalunya de Barcelona, Sirkuit Motorland Aragon, dan Sirkuit Ricardo Tormo de Valencia.

Normalnya pada setiap musim, setiap sirkuit hanya menggelar satu race semata. Namun, musim ini berbeda. Pandemi COVID-19 sudah membuat 4 balapan yang dibatalkan, yaitu GP Losail Qatar, GP Sachsenring Jerman, GP Assen Belanda, dan Grand Prix Finlandia. Sementara itu, GP Perancis di Le Mans, GP Italia di Mugello, dan GP Catalunya belum mendapatkan penjadwalan ulang.

Pada Kamis (7/5) lalu, sudah terjadi kesepakatan antara Dorna dengan Pemerintah Komunitas Otonom Andalusia melalui Kementerian Pariwisata dan Dewan Kota Jerez tentang gelaran GP Jerez pada 19 dan 26 Juli 2020. Namun, ini bukan keputusan final, karena masih menunggu keputusan pemerintah Spanyol dan FIM sebagai otoritas tertinggi.

Di sisi lain, kesepakatan itu membuat Dorna optimistis, balapan MotoGP berikutnya, setidaknya di tiga sirkuit tersisa di Spanyol, dapat digelar. Jika setiap sirkuit menggelar 2 race, maka sudah ada 8 race MotoGP di Spanyol. Dengan demikian, hanya butuh 4 balapan lain pada sisa musim untuk target minimal Dorna pada MotoGP 2020: 12 balapan.

"Rencana awal kami adalah menggelar balapan di Eropa pada akhir Juli 2020 dengan Grand Prix Spanyol jadi prioritas. Jika memungkinkan, kami juga akan menggelar balapan di luar Eropa," kata CEO Carmelo Ezpeleta, dikutip Crash.



Jika Dorna berhasil mendapat izin untuk menggelar balapan di 4 sirkuit di Spanyol, hal itu dapat mempermudah langkah mereka untuk menggelar balapan di tempat lainnya. Pasalnya, sejumlah negara saat ini sedang menutup wilayah mereka dan membatasi kegiatan olahraga karena pandemi COVID-19.

"Jika Spanyol memberi izin untuk menggelar balapan di empat kota, tentu merupakan kabar bagus. Hal itu dapat mempermudah mereka mencapai kesepakatan untuk menggelar balapan di negara lain," tulis Peter McLaren, jurnalis Crash.

Demi kesuksesan balapan di Sirkuit Angel Nieto, Jerez, Dorna Sports telah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat. Mereka berharap pemerintah Spanyol dapat memberi izin untuk balap motor seperti kompetisi sepak bola La Liga yang diberi lampu hijau untuk dilanjutkan.

Dilansir dari motorsports Dorna Sports telah memesan 10.000 alat tes COVID-19 dan mengurangi jumlah personel tiap-tiap tim MotoGP untuk mengurangi kehadiran orang di area balapan di Grand Prix Jerez. Langkah ini, di samping peluang menggelar lomba tanpa penonton, adalah bukti Dorna siap mengikuti protokol kesehatan yang bakal diminta pemerintah Spanyol.

Baca juga artikel terkait MOTOGP 2020 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Otomotif)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight