KAI Siapkan 23.752 Kursi Tambahan untuk Mudik Lebaran 2018

Oleh: Damianus Andreas - 13 April 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pembelian tiket untuk perjalanan tambahan akan dimulai pada pukul 00.01 WIB, Senin 16 April 2018.
tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan tiket untuk 40 perjalanan tambahan saat musim mudik Lebaran 2018. Dengan demikian, tambahan kursi yang tersedia bagi pemudik bakal mencapai 23.752 kursi per harinya.

“[Kursi] Yang dijual ini untuk kereta api yang nantinya macam-macam arahnya. Mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018,” kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat jumpa pers di Stasiun Gambir, Jakarta pada Jumat (13/4/2018).

Sebanyak 40 perjalanan itu bakal dioperasikan oleh 20 kereta api yang melakukan perjalanan di tanggal yang bervariasi.

Bahkan untuk beberapa kereta api seperti Kertajaya Lebaran (Stasiun Senen-Stasiun Pasar Turi), Brantas Lebaran (Stasiun Pasar Senen-Stasiun Semarang Poncol-Stasiun Blitar), dan Mataram Premium (Stasiun Pasar Senen-Stasiun Lempuyangan) bakal beroperasi di tanggal yang berbeda, yakni pada 5-26 Juni 2018.


Pembelian tiket untuk perjalanan tambahan akan dimulai pada pukul 00.01 WIB, Senin (16/4/2018) mendatang. Edi menyebutkan bahwa penjualan tiket dilakukan secara serentak, dan ia pun mengimbau agar masyarakat tidak membeli lewat calo.

Jumlah tempat duduk untuk kereta api reguler jarak jauh dan menengah sendiri ada sebanyak 2.257.904 kursi. Sampai dengan 13 April 2018, Edi mengklaim yang terjual baru sebanyak 42,91 persen, sehingga masih ada tiket kereta api reguler yang tersedia. “Artinya masih ada 50 persen lebih kursi yang bisa dibeli,” ungkap Edi.

Adapun masyarakat dapat memesan tiket kereta api tambahan melalui aplikasi KAI Access, situs resmi www.kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, maupun situs dan aplikasi pada gawai yang dikelola mitra PT KAI.

Guna menghindari kendala seperti server yang down, PT KAI mengaku telah memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB. Selain itu, mereka juga mengatakan telah memperkuat sistem keamanan dengan melakukan upgrade pada sistem firewall.


Bagi masyarakat yang hendak berburu tiket kereta api tambahan tersebut, PT KAI turut memberikan sejumlah tips. Di antaranya seperti mencari alternatif untuk tanggal atau rute kereta api, maupun tiket terusan.

Apabila hendak mudik ke Semarang dari Jakarta, PT KAI menyarankan agar pemudik bisa mengatur keberangkatannya dari Bandung atau stasiun di kota lainnya. Selain itu, bisa juga pemudik memesan tiket dari Jakarta sampai Tegal terlebih dahulu, untuk selanjutnya meneruskan perjalanan dengan kereta api rute Tegal ke Semarang.

Sedangkan untuk menyiasati traffic jaringan yang padat pada menit-menit pertama tiket dirilis, PT KAI mengimbau agar pemudik memesan tiket pada sekitar pukul 01.00 WIB. Menurut PT KAI, beberapa pelanggan yang berhasil pesan tiket pada menit-menit awal namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan, maka tiketnya otomatis hangus dan kursi kembali tersedia.

Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2018 atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Yantina Debora