tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mengoperasikan 393 perjalanan kereta api selama musim mudik dan balik Lebaran 2018. Jumlah ini 40 perjalanan lebih banyak dibanding tahun 2017.
"Untuk tiket tambahannya belum dijual, sedang kami koordinasikan karena ini KA baru juga, baru masuk," kata Direktur Utama PT KAI (Persero) Edi Sukmoro di sela kunjungannya di Stasiun Solo Balapan, Rabu (11/4/2018) sebagaimana diberitakan Antara.
Pada tahun 2018, pihaknya juga tengah memesan sebanyak 10 train set kepada PT INKA. Dari total rangkaian itu, enam diantaranya sudah beroperasi sedangkan sisanya menyusul.
"Kalau memang sudah ada semua maka tiket akan segera dijual. Saat ini kami masih terus berkoordinasi untuk meminta konfirmasi dari PT INKA terkait kedatangan kereta," tambahnya.
Ia mengatakan KA tambahan tersebut nantinya akan dioperasikan di jalur utara dan selatan. Kapasitas total dari KA tambahan mencapai 23.000 kursi.
Terkait kegiatan kunjungannya, Edi mengatakan upaya tersebut rutin dilakukan jelang arus mudik Lebaran.
"Kami inspeksi kesiapan Daop, baik di jalur selatan maupun utara. Sejauh ini tiket H-1 dan H-2 Lebaran memang jadi favorit, tetapi untuk H-5 ke atas masih tersedia banyak, konsumen bisa cari," katanya.
Tiket kereta mudik lebaran 2018 dapat dipesan mulai tanggal 7 - 28 Maret untuk periode keberangkatan 5 - 26 Juni 2018. Selain aplikasi pemesanan milik KAI, tiket juga dapat dipesan melalui channel eksternal.
PT Kereta Api Indonesia siap mengantisipasi lonjakan pengguna layanan. Pihak KAI juga menjamin pemesanan tiket kereta api Angkutan Lebaran 2018 melalui internet tidak akan terganggu.
Wakil Direktur Perusahaan Pemesanan dan Penjualan Transportasi Penumpang PT KAI Mukti Jauhari dalam konferensi pers Angkutan Lebaran 2018 di Jakarta, mengatakan perusahaan telah memperbesar bandwith dari 150 Megabyte (MB) menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket daring.
"Antisipasi kepadatan, kami sudah buat bandwith dinaikkan menjadi 400 MB," katanya.
Mukti mengatakan KAI melayani pemesanan tiket selama 24 jam melalui aplikasi, internet, pusat informasi 121, minimarket dan lainnya.
Di samping itu, loket reservasi stasiun melayani pemesanan mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB, dan pemesanan tiket melalui mesin penjualan E-Kiosk dimulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.
Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani