Jokowi Tegaskan Serius Berantas Korupsi, Tapi Lewat Pencegahan

Oleh: Adi Briantika - 14 Agustus 2020
Jokowi menegaskan tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menegaskan tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi. Ia mengatakan hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

"Upaya pencegahan harus ditingkatkan melalui tata kelola yang sederhana, transparan, dan efisien," kata Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (14/8/2020).

Jokowi juga menegaskan penegakkan nilai-nilai demokrasi juga tida bisa ditawar. Ia mengatakan demokrasi harus berjalan dengan baik, tanpa mengganggu kecepatan kerja dan kepastian hukum.

"Agenda Pilkada 2020 harus tetap berjalan dengan disiplin tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan," kata dia.

Jokowi melanjutkan, nilai-nilai luhur Pancasila, NKRI, persatuan dan kesatuan nasional, tidak bisa ditukar dengan apapun dan tidak memberikan ruang sedikitpun kepada siapapun yang menggoyahkannya.

“Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar. Strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan dan pendidikan,” imbuhnya.

Sistem pendidikan nasional, tambah Jokowi, harus mengedepankan nilai-nilai ketuhanan yang berkarakter kuat dan berakhlak mulia, serta unggul dalam inovasi dan teknologi. Ia ingin semua platform teknologi harus mendukung transformasi kemajuan bangsa, serta peran media-digital yang saat ini sangat besar harus diarahkan untuk membangun nilai-nilai kemanusiaan dan kebangsaan.

Sidang tahunan kali ini tidak dihadiri seluruh anggota lantaran pandemi COVID-19, ada juga yang mengikuti sidang secara daring.



Baca juga artikel terkait PEMBERANTASAN KORUPSI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight