Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Panggilan KPK

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 26 Sep 2022 12:17 WIB
Jokowi mengingatkan bahwa semua pihak sama di mata hukum, oleh sebab itu Lukas Enembe diharapkan kooperatif memenuhi panggilan KPK.
tirto.id - Presiden Jokowi meminta Gubernur Papua Lukas Enembe untuk mematuhi proses hukum yang dilakukan KPK. Ia mengingatkan bahwa semua pihak sama di mata hukum.

Hal tersebut merespons pertanyaan tentang penanganan dugaan kasus korupsi terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe oleh KPK.

"Saya kira proses hukum di KPK semua harus hormati. Semua sama di mata hukum," kata Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Jokowi meminta kepada semua pihak termasuk Lukas untuk mengikuti proses hukum yang berjalan tanpa ada kecuali.

"Saya sudah sampaikan agar semuanya menghormati panggilan KPK dan hormati proses hukum yang ada di KPK. Semuanya," tegas mantan Wali Kota Solo itu.

Kasus Enembe berawal ketika KPK mengumumkan tiga kepala daerah sebagai tersangka yakni Bupati Mimika Eltinus Omaleng (EO) dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32 di Kabupaten Mimika.

Kemudian, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) terkait kasus dugaan suap pelaksanaan berbagai proyek pembangunan infrastruktur di Kabupaten Mamberamo Tengah.

Terakhir, Gubernur Papua Lukas Enembe (LE). KPK belum dapat menginformasikan secara menyeluruh konstruksi perkara yang menjerat Lukas Enembe sebagai tersangka.

Hingga saat ini, penyidik KPK belum berhasil memeriksa Lukas Enembe usai ditetapkan sebagai tersangka beberapa waktu lalu. Enembe dikabarkan sakit sehingga tidak memenuhi panggilan KPK.


Baca juga artikel terkait LUKAS ENEMBE TERSANGKA KORUPSI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight