Jokowi Bagikan Bonus Rp309 Miliar kepada Atlet ASEAN Para Games

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 28 Nov 2022 10:47 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games XI di Solo dengan raihan 175 medali emas, 144 medali perak dan 106 medali perunggu.
tirto.id - Presiden Joko Widodo membagikan bonus total Rp309 miliar kepada atlet kontingen Indonesia yang berprestasi di ASEAN Para Games 2022 di Istana Mereka, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Indonesia menjadi juara umum dengan raihan 425 medali pada kompetisi olahraga para atlet difabel se-ASEAN yang digelar di Solo, Jawa Tengah, dari 30 Juli sampai 6 Agustus 2022.

"175 emas, 144 perak dan 106 perunggu. Atas motivasi kerja keras bapak ibu sekalian, pemerintah memberikan apresiasi bonus sebesar Rp309 miliar," Kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Senin.


Jokowi mengatakan pembagian bonus akan dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. "Untuk peraih medali emas kalau tidak salah meraih Rp500 juta," ujarnya.

Menurut Jokowi, uang Rp500 juta bukan jumlah yang sedikit untuk satu medali emas atas prestasi yang diberikan atlet kepada negara. Ia menilai prestasi ini menjadi kebanggaan dan inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Semoga di ASEAN Paragames yang ke-12 dan ke-13 dan selanjutnya prestasi ini bisa terus dipertahankan. Sekali lagi saya ucapkan selamat," kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali menyampaikan empat kesuksesan Indonesia dalam ASEAN Para Games XI di Solo: sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses administrasi.

Sukses prestasi tercapai dengan total torehan 175 medali emas, 144 medali perak dan 106 medali perunggu. Prestasi itu diperoleh oleh 324 atlet, 83 pelatih dan 14 orang manajer serta tim pendukung Indonesia.

"Bila dibandingkan dengan atlet yang diturunkan, Indonesia menurunkan 324 atlet, berarti masing-masing atlet minimal memperoleh 1 medali," Kata Amali.

Amali melanjutkan kesuksesan lainnya adalah ekonomi daerah Solo menggeliat saat pelaksanaan ASEAN Para Games berlangsung.


Lalu, sukses administrasi terlihat dari penggunaan anggaran keuangan dalam pelaksanaan ASEAN Para Games. Amali melaporkan bahwa penggunaan uang yang berasal dari APBN dilakukan secara hati-hati serta diawasi BPKP dan Kejaksaan Agung.

"Dari perolehan 425 medali tersebut maka kami membutuhkan dana sebesar 304.377.494.092 sebagai apresiasi dan penghargaan pemerintah yang nanti akan diserahkan langsung oleh Bapak Presiden [Jokowi]," Kata Amali.


Baca juga artikel terkait ASEAN PARA GAMES 2022 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight