Jokowi atau Prabowo Bakal Menang Pilpres 2019 di Jakarta Utara?

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Bagaimana prediksi pemenang Pilpres 2019 di Jakarta Utara? Hasil Pilpres 2014 di wilayah ini, perolehan suara Jokowi mencapai 516.654 suara dan Prabowo memperoleh 342.651 suara.
tirto.id - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar serentak di seluruh Indonesia pada Rabu 17 April 2019. Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan berebut kursi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024.

Kota Jakarta Utara Provinsi DKI Jakarta akan menjadi salah satu daerah pertarungan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk meraih suara pada Pilpres 2019.

Sebelum pelaksanaan pencoblosan pasangan Jokowi-Ma’ruf dan pasangan Prabowo-Sandiaga telah melakukan sosialisasi dan kampanye di wilayah Jakarta Utara untuk menarik simpati para pemilih.

Selama masa kampanye Pilpres 2019 pasangan Jokowi-Ma’ruf telah melakukan beberapa kegiatan di Jakarta Utara:
  • Joko Widodo menecek tumpukan puing-puing jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok
  • Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo hadir dan memberikan sambutan dalam penutupan Rakernas Relawan Bravo 5, Senin 10 Desember 2018, di Ancol, Jakarta Utara.
  • Presiden Joko Widodo pada hari ini, Rabu, 13 Maret 2019, meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara.
  • Presiden Joko Widodo menghadiri acara deklarasi dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas yang diikuti oleh ribuan pengemudi truk. Acara berlangsung di Jakarta International Container Terminal (JICT). Presiden juga menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban banjir bandang yang menerjang Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu kemarin.
Pasangan Prabowo-Sandiaga di Jakarta Utara melakukan kampanye dan sosialisasi, di antaranya:
  • Sandiaga Uno menghadiri acara dialog pelaku ekonomi dengan masyarakat Tionghoa
  • Sandiaga Uno menyambangi lokasi binaan (lokbin) UKM di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara
  • Sandiaga menghadiri Pesta Wirausaha Nasional 2019 TDA di Ancol
  • Prabowo hadir dalam acara ulang tahun Federasi Serikat Buruh Metal Indonesia, di Sports Mall, Jakarta.
  • Sandiaga mengikuti Kampanye Nasional Kebudayaan Betawi Jakarta Utara

Sebagai gambaran, pada Pilpres 2014 lalu di Jakarta Utara perolehan suara saat Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla mencapai 516.654 suara. Sedangkan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa memperoleh 342.651 suara.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH