Jelang Indonesia Open 2019: Axelsen Mundur, Persaingan Kian Seru?

Oleh: Oryza Aditama - 13 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tunggal putra unggulan ke-3 asal Denmark, Viktor Axelsen, memutuskan mundur dari ajang Indonesia Open 2019.
tirto.id - Kabar buruk datang dari tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, beberapa hari jelang bergulirnya turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2019. Pemain unggulan ke-3 sekaligus penghuni peringkat 5 dunia tersebut menyatakan mundur dari dari kejuaraan berkategori Super 1000 ini, lantaran terkendala cedera kaki.

Beberapa minggu sebelumnya pemain 25 tahun yang sempat merengkuh gelar Juara Dunia 2017 itu juga mengundurkan diri dari ajang European Games 2019 karena masalah kesehatan. Kali ini, ia dipastikan kembali mundur dari dua turnamen besar pada Juli 2019 yakni Indonesia Open 2019 dan Japan Open 2019.

"Dengan sangat disayangkan, aku memberitahu kalian jika aku telah mengalami rasa sakit yang belum hilang di kakiku selama beberapa pekan ini. Setelah diperiksa oleh sejumlah spesialis, aku disarankan untuk tidak berlaga di turnamen apapun saat ini," jelas Axelsen melalui akun resmi Instagram miliknya, yang juga dikutip oleh AntaraNews, Jumat (12/7/2019).

Lalu, bagaimanakah peta persaingan sektor tunggal putra di Indonesia Open tahun ini, menyusul keluarnya Axelsen dari daftar peserta? Apakah menguntungkan wakil Indonesia, atau malah sebaliknya?

Berdasar hasil drawing sektor tunggal putra yang telah dirilis oleh BWF, Viktor Axelsen dijadwalkan menghadapi wakil India, Sai Praneeth, di babak pertama (32 besar). Dari hasil undian, posisi pemain Denmark tersebut berada di pool bawah.

Setidaknya terdapat tiga pemain unggulan di pool tersebut, yakni dua pemain asal Cina, Shi Yu Qi (2) dan Chen Long (5), serta unggulan asal India, Kidambi Srikanth (8). Sementara hanya ada satu pemain Indonesia yang menghuni pool bawah, yakni pemain senior Tommy Sugiarto yang langsung menghadapi unggulan ke-5, Chen Long, pada pertandingan pertama.

Dengan demikian di atas kertas, mundurnya Axelsen bakal cukup menguntungkan bagi ketiga pemain unggulan tersebut untuk melangkah ke partai final.

Sementara itu dua pemain unggulan milik tuan rumah, yakni Jonatan Christie (6) dan Anthony Sinisuka Ginting (7) berada di pool atas bersama andalan Jepang, Kento Momota (1) dan pemain Taiwan, Chou Tien Chen (4).


Turnamen bulu tangkis Indonesia Open 2019 akan mulai bergulir pada Selasa (16/7/2019) sampai Minggu (21/7/2019) di Istora Senayan, Jakarta, dengan memperebutkan hadiah total mencapai 1.250.000 dollar AS.

Baca juga artikel terkait INDONESIA OPEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
Kontributor: Oryza Aditama