Jadwal Pelantikan Kapolri Listyo Sigit Prabowo Pengganti Idham Aziz

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 26 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kapan jadwal pelantikan Kapolri Listyo Sigit Prabowo pengganti Idham Aziz?
tirto.id - Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, pelantikan akan dilakukan pada Rabu (27/1/2021).

"Insyallah beliau [Komjen Sigit] akan dilantik pada hari Rabu, tanggal 27 pekan ini. Insyaallah jika tidak ada halangan," katanya di Kantor Divisi Humas Polri, Jakarta, seperti dikutip Antara News.

Sebelumnya pada Rabu (13/1/2021), Presiden Jokowi mengajukan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ke DPR RI sebagai calon tunggal Kapolri.

Surpres tersebut bernomor: R-02/Pres/01/2021 dan disampaikan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Gedung Parlemen, Jakarta.

Nantinya Sigit akan mengisi jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa purna tugas pada 1 Februari 2021.

DPR kemudian menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan PPATK pada Kamis (14/1) dan Kompolnas pada Senin (18/1).

Uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri dilaksanakan di DPR RI pada Rabu (20/1). Melalui rapat paripurna, DPR kemudian menyetujui pengangkatan Komjen Sigit sebagai Kapolri ke 25.

Profil Listyo Sigit Prabowo


Sebelum dicalon menjadi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kabareskrim (Kepala Badan Reserse Kriminal) di Polri.

Sebelum menjabat Kabareskrim, Irjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kadiv Propam Polri. Kini, tugas tersebut diambil alih oleh Ignatius Sigit Widiatmono.


Situs Akpol mencatat nama Listyo merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Dia melanjutkan studi magister di Universitas Indonesia, membuat tesis tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo.

Listyo Sigit yang lahir di Ambon, 5 Mei 1969 ini juga sempat menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah pada tahun 2009. Hanya satu tahun menjabat, Listyo Sigit berpindah tugas menjadi Kapolres Sukoharjo, masih di bawah lingkungan Polda Jawa Tengah.

Pada 2010, dia menjabat sebagai Wakapolrestabes Semarang. Tak lama, pindah tugas menjadi Kapolresta Surakarta pada tahun 2011.

Pada 2012, Listyo kembali ditugaskan di Jakarta untuk menjabat sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri. Sejak bulan Mei 2013, dirinya bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Kemudian, pada 2014, Komjen Listyo Sigit Prabowo mendapat kepercayaan untuk menjadi ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan jabatan ini, sosoknya semakin dikenal oleh banyak kalangan.

Karier Listyo Sigit makin moncer setelah menjadi ajudan Jokowi. Pada 2016, dia menjadi Kapolda Banten, menggantikan Brigjen Pol Ahmad Dofiri. Acara serah terima jabatan (sertijab) dilakukan di Mapolda Banten.

Pengangkatannya sebagai Kapolda Banten sempat menjadi kontroversi, dan ditolak oleh MUI Banten, karena ia non-Muslim. Namun pada akhirnya, Listyo meminta dukungan terhadap kalangan ulama untuk menciptakan suasana kondusif dan aman.

Pada tahun 2018, Listyo Sigit Prabowo mendapatkan kepercayaan sebagai Kadiv Propam Polri.


Baca juga artikel terkait KAPOLRI atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Politik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight