Jabatan Kapolri Diperpanjang, Fadli Zon: Tidak Masalah

Oleh: Rima Suliastini - 19 Mei 2016
Fadli Zon menilai perpanjangan jabatan Kapolri yang dilakukan oleh Presiden Jokowi merupakan hal yang wajar dan tidak melanggar hukum, karena menurut undang-undang, hal tersebut boleh dilakukan asalkan yang bersangkutan memiliki keahlian khusus.
tirto.id - Fadli Zon selaku Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengatakan jika perpanjangan jabatan Kapolri diperpanjang oleh Presiden itu tidak melanggar undang-undang, karena ada klausul yang menyebutkan bisa diperpanjang kalau ada keahlian khusus.

"Disamping juga menertibkan masalah-masalah yang ada. Saya kira itu juga diatur dalam UU," ujarnya di Gedung Nusantara III di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Dia menilai, memperpanjang masa jabatan Kapolri adalah hak dari Presiden dan bisa menilai situasi serta keadaan dari personel yang ada. "Kalau diperpanjang saya lihat tidak ada masalah, karena memang dibutuhkan keahlian," katanya

Fadli menilai iklim yang ada di Polri ini cukup kondusif, dan menciptakan situasi kondusif itu juga butuh keahlian.

Lebih lanjut, Fadli menilai, pengajuan calon Kapolri saat ini agak terlambat karena seharusnya 3-6 bulan sebelumnya. "Melihat iklim yang kondusif ini apa perlu dipelihara selama enam bulan atau setahun ke depan," ujarnya.

Politikus Partai Gerindra itu menilai tidak masalah opsi perpanjangan itu diambil untuk menyiapkan nama penggantinya dan bisa dibicarakan di DPR.

Baca juga artikel terkait PERPANJANGAN JABATAN KAPOLRI atau tulisan menarik lainnya Rima Suliastini
(tirto.id - Politik)

Sumber: Antara
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Ign. L. Adhi Bhaskara