Hasil Survei Indopolling: Elektabilitas PDIP 26,4% & Gerindra 14,6%

Oleh: Alfian Putra Abdi - 12 April 2019
Survei Indopolling menyimpulkan tiga partai peserta Pemilu 2019 dengan elektabilitas tertinggi ialah PDIP, Gerindra dan Golkar. PDIP memiliki elektabilitas tertinggi yakni 26,4 persen.
tirto.id - Survei terbaru Indopolling Network menunjukkan tiga partai politik memiliki elektabilitas tertinggi, yakni sesuai peringkatnya: PDIP, Gerindra dan Golkar.

Direktur Indopolling Network, Wilhelmus Wempy Hadir mencatat elektabilitas PDIP mencapai 26,4 persen. Partai berlambang banteng tersebut disusul oleh Gerindra dengan elektabilitas 14,6 persen dan Golkar 11,1 persen.

Wempy menilai elektabilitas PDIP tidak lepas dari pengaruh sosok Joko Widodo sebagai capres yang diusung oleh partai itu.

"Ada faktor coat-tail effect, karena Jokowi tidak bisa dipisahkan dengan PDIP. Coat-tail effect dari pencapresan Jokowi," ujar Wempy.

Dia memparkan hasil survei tersebut dalam diskusi "Jelang Final, Siapa Terpental?' di Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019).

Wempy menambahkan hasil survei lembaganya juga menyimpulkan hanya ada enam partai politik peserta Pemilu 2019 yang berpeluang besar lolos ke parlemen. Enam partai itu: PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, dan PKS.

Sementara empat partai lain, kata Wempy, memiliki elektabilitas mendekati 4 persen sehingga masih perlu bejuang keras untuk lolos ke parlemen. Keempatnya adalah PAN, PPP, Nasdem, dan Perindo.

"Sementara partai di bawah 1 persen seperti Hanura, PSI, PBB, Berkarya, PKPI, dan Garuda berpotensi [besar] gagal masuk ke Senayan," ujar dia.

Indopolling Network melakukan survei itu pada periode 3 April sampai dengan 8 April 2019, dengan melibatkan 1.080 responden di semua provinsi.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight