Hasil Quick Count Pilgub Sumut 2018: Edy Rahmayadi Ungguli Djarot

Oleh: Yuliana Ratnasari - 27 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Berdasarkan hasil quick count dari dua lembaga survei, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul sementara dari Djarot-Sihar di Pilgub Sumut 2018.
tirto.id - Pilgub Sumatera Utara (Sumut) 2018 diramaikan dua kandidat calon gubernur dan wakil gubernur: Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan duet Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat, pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul sementara dalam pilkada serentak tahun ini.

Dari penghitungan cepat yang digelar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada Rabu (27/6/2018), pasangan Edy-Musa meraup suara sebanyak 57,1 persen. Sementara itu, pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus meraih 42,9 persen suara.

Melihat quick count lembaga survei SMRC, hingga pukul 19.40 WIB, dinyatakan bahwa Edy-Musa unggul dengan perolehan suara 58,88 persen. Ada pun pasangan nomor urut dua Djarot-Sihar tercatat memperoleh 41,12 persen suara.

Pasangan Edy-Musa dengan nomor urut satu mendaftarkan diri lewat dukungan enam parpol yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, Partai NasDem, dan Partai Golkar. Sementara itu, pasangan Djarot-Sihar maju dengan dukungan PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Djarot meraih kemenangan di TPS pencoblosannya sendiri, yaitu di TPS 4 di Jalan Cik Di Tiro Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Rabu (27/6/2018).

Berdasarkan penghitungan yang dilakukan, Djarot Saiful Hidayat yang berpasangan dengan Sihar Sitorus meraih 174 suara. Sedangkan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah meraih 53 suara.

Dari proses penghitungan suara yang disaksikan pengawas dan saksi kedua calon, terdapat dua suara yang dinyatakan rusak. Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang berada persis di depan kantor tim pemenangan pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah itu sebanyak 463 jiwa.

KPU Sumut menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub Sumut 2018 sebanyak 9.052.529 jiwa. Jumlah DPT diputuskan di Medan pada April lalu melalui rapat pleno yang dihadiri anggota KPU dari 33 kabupaten/kota.

Jumlah DPT tersebut terdiri dari 4.485.964 pemilih laki-laki dan 4.566.565 pemilih perempuan yang akan mencoblos di 27.478 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ada pun jumlah pemilih difabel tercatat sebanyak 12.193 peserta.

Untuk hasil hitung cepat Pilkada Sumut, bisa dilihat pada laman Tirto yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga survei, pada Rabu, 27 Juni 2018.


Baca juga artikel terkait PILGUB SUMUT 2018 atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Politik)

Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight