Hari Galentine untuk Para Perempuan yang Dirayakan Jelang Valentine

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 14 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Hari Galentine diciptakan karakter fiksi Leslie Knope dari serial komedi Parks and Recreation musim kedua.
tirto.id - Hari Galentine merupakan perayaan tidak resmi yang dirayakan setiap 13 Februari, sehari sebelum Valentine. Galentine dilakukan para perempuan untuk meluangkan waktu bersama sahabat-sahabat perempuan terdekatnya, baik yang masih lajang atau sudah menikah.

Dilansir Cosmopolitan, Hari Galentine diciptakan karakter fiksi Leslie Knope dari serial komedi Parks and Recreation musim kedua (2010).

Dalam episode ke-16 berjudul “Galentine’s Day”, Leslie mengajak teman–teman dekatnya untuk meninggalkan sejenak kebiasaan sehari–hari mereka dengan makan malam bersama, bertukar hadiah rajutan tangan dan menuliskan sesuatu tentang apa yang membuat setiap perempuan merasa istimewa.

"Setiap 13 Februari, teman-teman saya dan wanita saya meninggalkan suami dan pacar kami di rumah, dan kami merayakannya,” kata Leslie dalam episode itu.

Perayaan ikonik ini dirayakan dalam upaya melupakan suami, pacar, atau orang penting lainnya selama tanggal 13 Februari untuk fokus pada perayaan perempuan untuk perempuan tersebut.

Berlawanan dengan kritik yang mengatakan Galentine dilakukan untuk melindungi perempuan lajang, perayaan ini dimaksudkan sebagai hari pemberdayaan dan pengingat bagi sesama perempuan untuk saling mendukung dan membantu satu sama lain, menurut laporan People.

“Ini tentang wanita merayakan wanita,” seperti yang dikatakan karakter Poehler, Leslie Knope.

Sejak penayangan episode tersebut, tradisi Leslie Knope telah menjadi populer, dilakukan perempuan di seluruh dunia, dan diulangi pada setiap tahun.

Perayaan ini bisa dilakukan sederhana dengan membeli minuman atau makan malam setelah bekerja, menonton pesta dansa atau menonton film dengan makanan ringan favorit di rumah bersama teman-teman.

Selain itu perayaan ini juga bisa dilakukan dengan mengadakan acara besar–besaran seperti pesta di salah satu rumah atau menyewa tempat, dan juga bisa mengunjungi restoran atau tempat yang mengadakan acara untuk perayaan ini.

Perayaan ini tidak terbatas seunik apapun untuk dilakukan setiap kelompok pertemanan yang pada akhirnya, perayaan ini merupakan kegiatan untuk menghabiskan waktu yang berkualitas dengan sahabat–sahabat yang luar biasa dalam hidup kita.


Baca juga artikel terkait VALENTINE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH