Fungsi Utama Program Microsoft Excel: Menu, Office Button, Formulas

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 9 November 2021
Dibaca Normal 1 menit
Rangkuman TIK: Microsoft Excel membantu pengolahan data berbasis angka yang memiliki berbagai bentuk penyajian informasi.
tirto.id - Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka buatan Microsoft Corporation. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer dengan sistem operasi Windows dan Mac. Saat ini bahkan telah tersedia aplikasinya untuk ponsel pintar.

Fungsi utama program Microsoft Excel adalah membantu pengolahan data yang memiliki sifat numerik. Fungsi tersebut meliputi proses pembuatan, pengeditan, penganalisaan, dan meringkas data dari data numerik yang dimasukkan untuk diolah.

Mengutip buku TIK kelas VIII, pengguna bisa menyajikan dan mengolah data dengan cepat dan akurat memakai Excel. Hal ini menghindari kesalahan pada pengolahan data secara manual. selain itu, Excel mampu pula memberikan informasi kuantitatif dalam berbagai model seperti angka, tabel, diagram, hingga grafik.

Penggunaan Microsoft Excel



Sebagai program pengolah data angka, fitur yang dimiliki Excel terbilang lengkap. Penghitungan aritmatika dan statistik bisa ditangani dengan menerapkan fungsi-fungsi tertentu. Melalui berbagai fungsi itu, Excel yang kerap dimanfaatkan untuk menyelesaikan beragam kebutuhan seperti:

  • Pembuatan laporan keuangan
  • Operasi perhitungan seperti perkalian, pembagian, hingga menghitung nilai rata-rata
  • Pembuatan grafik, tabel, dan diagram
  • Penyelesaian logika matematika
  • Perhitungan kurs mata uang
  • Perhitungan otomatis, dan lain-lain.

Fungsi-fungsi di Microsoft Excel



Kemampuan Excel untuk memberikan solusi beragam kebutuhan, ditunjang dengan fungsi-fungsi yang ada di dalam aplikasi. Berikut ini beberapa fungsi pada Excel seperti dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs Kelas VII:

1. Menu. Menu terdiri dari perintah-perintah dalam menjalankan Excel melalui submenu.

2. Ikon. Ikon ditampilkan pada baris toolbar berupa tombol dengan simbol mewakili sebuah perintah.

3. Office Button. Menu Office Button merupakan perintah-perintah dalam pengolahan data. Misalnya untuk membuka buku kerja baru, menyimpan file, dan sebagainya.

4. Home. Menu Home terdiri dari beberapa perintah yang berguna dalam editing data. Misalnya yaitu paste untuk menempelkan isi clipboard, copy untuk menyalin bagian dari buku kerja ke clipboard, dan sebagainya

5. Insert. Menu Insert merupakan perintah untuk menyisipkan suatu objek. Misalnya menyisipkan tabel, menyisipkan gambar, dan sebagainya.

6. Page Layout. Menu Page Layout dipakai untuk mengatur halaman. Beberapa kegunaannya mengatur margin lembar kerja dan menampilkan tema.


7. Formulas. Menu Formulas merupakan menu memberikan perintah dengan rumus tertentu. Misalnya menjumlahkan angka dengan perintah "=sum", mengatur rumus untuk tanggal, dan sebagainya.
8. Data. Pada menu Data terdiri dari beberapa perintah untuk pengaturan data. Misalnya melakukan duplikasi data, mendapatkan data secara eksternal, dan sebagainya.

9. Review. Menu Review dipakai untuk memberikan perintah terkait review di lembar kerja. Beberapa submenunya adalah Research, Comments, Thesaurus, Show Ink, dan Translate.

10. View. Menu View terdiri dari beberapa perintah seperti membesarkan tampilan, mengecilkan tampilan, dan sebagainya.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT EXCEL atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight