Facebook Rilis Aplikasi WhatsApp Business untuk Pengguna iPhone

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 5 April 2019
Setelah tahun lalu tersedia untuk Android, WhatsApp Business kini menjangkau pengguna iOS.
tirto.id - Aplikasi WhatsApp Business resmi diluncurkan oleh Facebook untuk pengguna iPhone. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis guna berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

WhatsApp Business, yang telah melenggang ke perangkat Android pada tahun lalu, diklaim WhatsApp sudah diadopsi oleh jutaan pemilik bisnis di seluruh dunia.

"Aplikasi WhatsApp Business untuk iOS gratis diunduh dari Apple App Store dan akan menyertakan fitur untuk membantu bisnis kecil dan pelanggan berkomunikasi," pernyataan WhatsApp di blog perusahaan dikutip Jumat (5/4/2019).

Sama seperti versi Android, WhatsApp Business di iOS membawa sejumlah fitur yang sangat mendukung bagi pelaku bisnis. Salah satunya adalah Business Profile.


Fitur tersebut memungkinkan pemilik usaha untuk menambahkan informasi seputar bisnisnya, seperti diskripsi bisnis, email, alamat toko, dan situs web resmi.

WhatsApp Business juga dibekali fitur Messaging "pintar" dengan sejumlah kelebihan, seperti kemampuan quick replies untuk membalas pertanyaan yang sering diajukan konsumen. Hadir pula greeting message guna memperkenalkan bisnis kepada konsumen.

Aplikasi WhatsApp Business sejak awal memang dirancang khusus untuk bisnis kecil dan menengah agar memudahkan pemilik usaha berkomunikasi dengan pelanggannya.

Melansir The Verge, WhatsApp Business untuk iOS sebenarnya sudah diluncurkan pada bulan lalu, tetapi terbatas di wilayah tertentu saja. Kini, ketersediannya untuk iOS jangkauannya lebih luas.

Aplikasi WhatsApp Business saat ini sudah tersedia di App Store wilayah Brasil, Jerman, Indonesia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat. Ketersediaan di wilayah lain akan digulirkan secara bertahap dalam beberapa pekan kedepan.


Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis