Erick Thohir Tunjuk Kader Gerindra jadi Komisaris & Direktur PT PAL

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 15 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Erick Thohir mengangkat Cut Meutia Adrina sebagai komisaris dan Wilgo Zainar jadi direktur. Keduanya kader Partai Gerindra.
tirto.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat Cut Meutia Adrina sebagai komisaris independen PT PAL Indonesia (Persero).

Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK- 196/MBU/06/2021 tanggal 15 Juni 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

Cut Meutia diketahui pernah menjadi salah satu calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Aceh I lewat Partai Gerindra. Dapil itu mencakup Kabupaten Banda Aceh, Nagan Raya, dan Gayo Lues. Kemudian pada 2019 Cut Meutia juga masuk ke dalam anggota tim Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Banda Aceh.

Selain itu, Kementerian BUMN juga mengangkat kader Partai Gerindra lain, yaitu Willgo Zainar menjadi Direktur Pemasaran. Willgo merupakan mantan Ketua DPP Partai Gerindra periode 2012-2015. Dia pun pernah menjabat sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019.

Dalam Surat keputusan tersebut, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan Kuntjoro Pinardi dan Direktur Keuangan Irianto. Dalam kesempatan yang sama Kementrian BUMN juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat untuk (Alm) Ibu Etty Soewardani.

Direktur Utama Kaharuddin Djenod menambahkan, atas nama keluarga besar PT PAL Indonesia (Persero) mengucapkan terima kasih kepada Dewan Direksi yang telah menjabat atas segala transformasi yang diberikan kepada PT PAL.

"Terima Kasih kepada Dewan Direksi yang telah menjabat atas segala transformasi yang diberikan kepada PT PAL Indonesia sehingga dapat membawa tren perusahaan positif selama tiga tahun belakangan,” jelas dia dalam keterangan resmi, Selasa (15/6/2021).

Dewan Direksi

Direktur Utama : Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang

Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko : Oggy Achmad Kosasih

Direktur SDM dan Umum : Wing Antariksa

Direktur Pemasaran : Wilgo Zainar

Direktur Produksi : Iqbal Fikri


Dewan Komisaris

Plt. Komisaris Utama : Didik Prasetyo

Komisaris Independen : Didit Herdiawan

Komisaris Independen : Harsusanto

Komisaris Independen : Cut Meutia Adrina.


Baca juga artikel terkait PT PAL atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight