Di Balik Pembukaan Asian Games 2018: Eko Supriyanto & Denny Malik

Oleh: Agung DH - 18 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah seniman Indonesia ada di balik kemeriahan pembukaan Asian Games 2018.
tirto.id - Opening Ceremony Asian Games 2018 digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (18/8/2018) berlangsung meriah. Upacara pembukaan pesta olahraga se-Asia ini dimeriahkan dengan penampilan 4000 penari dengan arahan koreografer andal seperti Denny Malik dan Eko Supriyanto.

Selain sebagai koreografer Denny Malik adalah penyanyi dan aktor sinetron. Ia menjadi aktor dalam sinetron Melodi Cinta pada era 1980-an. Sementara Eko Supriyanto adalah penata tari dalam 268 kali konser penyanyi Madonna di berbagai negara. Eko juga pernah menjadi penata tari pada ajang Miss World 2013 di Bali.

Selain penari profesional, kebanyakan penari justru datang dari masyarakat biasa dan pelajar. Namun menurut Eko tak ada tantangan berarti.

"Kebanyakan penari adalah pelajar. Tetapi semua orang Indonesia suka menari. Jadi tidak masalah. Anak-anak dilatih dengan disiplin selama empat jam setiap hari selama lima bulan," papar Eko seperti dikabarkan Antara.

Situs resmi panitia Asian Games 2018, INASGOC, menyebutkan penari dalam pembukaan Asian Games 2018 ini telah berlatih berbulan-bulan. Mereka diiringi oleh ratusan pemusik di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, seniman terkemuka Indonesia.

"Kami akan menampilkan musik Indonesia dari tradisi, modern, hingga orkestra," ujar Addie yang mempersiapkan bersama Ronald Steven selama delapan bulan.

Sementara Direktur Kreatif Opening Ceremony Asian Games adalah Wishnutama Kusubandio. CEO dan Pendiri NET TV ini mengungkapkan bahwa persiapan upacara pembukaan membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun.

"Butuh waktu 1,5 tahun untuk mempersiapkan ini. Kami bekerja keras setiap hari untuk menyiapkan upacara pembukaan," ungkap Wishnutama.

Selain Wishnutama, ada Ronald Steven dan Addie MS sebagai penata musik, Eko Supriyanto dan Denny Malik sebagai koreografer, Dynand Fariz dan Rinaldy Yunardi sebagai penata busana.

Upacara pembukaan Asian Games juga dimeriahkan oleh para musisi kebanggaan Indonesia, termasuk Anggun yang namanya sudah terkenal di kancah Internasional, dan tidak ketinggalan Raisa, Tulus, Via Vallen, Ariel NOAH, Rossa, Rian D'Masiv, Cakra Khan, Rinni Wulandari, Wizzy, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, dan Kamasean.








Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
Dari Sejawat
Infografik Instagram