Cut Off Adalah Apa dan Mengapa Viral di TikTok?

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 29 Jun 2022 12:53 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Apa arti Cut Off yang viral di media sosial TikTok oleh konten kreator Bella Tobing?
tirto.id - Baru-baru ini viral di media sosial TikTok soal istilah cut off, lantaran sempat disebutkan oleh salah satu konten kreator Bella Tobing dalam sebuah acara talkshow.

Dalam talkshow yang disiarkan secara streaming pada Selasa (28/6/2022) tersebut, Bella Tobing menjadi bintang tamu dan membahas seputar kehidupannya, termasuk pergaulannya dengan sesama konten kreator di TikTok.

Kepada sang host acara, Bella menceritakan hubungan pertemanannya dengan salah seorang kreator bernama Reizuka Ari, yang mana ia menyebutkan bahwa terdapat ketidakcocokan antara keduanya, sehingga ia terpaksa meng-cut off Rei dari circle pertemanannya.

Setelah cuplikan perbincangan tersebut viral di media sosial, istilah cut off menjadi pembicaraan, dan banyak warganet yang mencari tahu apa arti dari cut off tersebut.

Cut off Adalah Apa?



Secara harfiah, cut-off terdiri dari dua suku kata bahasa Inggris yaitu cut yang artinya memotong, dan off yang artinya mati.

Menurut Dictionary Cambrige, cut off berarti tindakan menghentikan sesuatu. Sementara itu, defenisi lain cut off menurut Collins Dictionary adalah memotong sesuatu atau memisahkan mereka dari hal-hal yang biasanya berhubungan dengan mereka.

Istilah cut off bisa dipakai dalam berbagai konteks, sehingga jika diartikan, maka dalam konteks pembicaraan yang viral di media sosial, cut off artinya memutus hubungan pertemanan, baik melalui komunikasi, ataupun hubungan relasi.

Selain istilah Cut Off, banyak juga istilah-istilah lain yang viral dan banyak digunakan oleh anak muda dalam berkomunikasi.

Istilah lain tersebut di antaranya "YGY" yang merupakan singkatan dari Ya Gaes Ya, "YSY" atau Ya Sayang Ya, "POV" atau point of view, "Ngab" yang sama artinya dengan mas, kak, atau sapaan lainnya, "Ghosting" yang artinya ditinggal oleh seseorang tanpa kejelasan, dan istilah lainnya.

Hingga hari ini Rabu, 28 Juni 2022 banyak konten soal cut off yang dibuat oleh para kreator dan diunggah ke TikTok.

Beberapa konten kreator di TikTok juga merespons topik "cut off" dengan mengomentari permasalahan tersebut lalu diunggah ke akun mereka, seperti akun @si_pattra2, @Milkywoof, hingga @ayuwisya666.


Baca juga artikel terkait TIKTOK atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yantina Debora

DarkLight