Arti Hiatus BTS dan Efeknya pada Saham HYBE yang Anjlok

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 16 Jun 2022 13:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Efek BTS umumkan hiatus: saham HYBE anjlok, apa arti hiatus?
tirto.id - BTS mengumumkan akan hiatus atau mengambil jeda sementara saat makan malam FESTA 2022 untuk merayakan ulang tahun debut grup. Sehari setelah pengumuman tersebut, saham HYBE, agensi yang menaungi BTS menukik turun.

Tercatat pada Rabu (15/6/2022), harga saham HYBE anjlok 24,87% menjadi 145.000 won atau sekitar Rp1.662.046 dibandingkan hari sebelumnya. Penurunan ini menandai level terendah yang diperdagangkan perusahaan dalam 52 minggu.

Big Hit Music, anak perusahaan HYBE yang bertanggung jawab atas aktivitas grup BTS, berusaha memadamkan kekhawatiran yang diungkapkan oleh penggemar dan investor. Big Hit menyatakan, BTS tidak berhenti berkarya, tetapi mereka memulai perjalanan baru untuk mengejar proyek solo.

"Grup ini akan tetap aktif sebagai sebuah tim sambil melakukan perjalanan individu untuk lebih mencapai pertumbuhan pribadi," kata perusahaan hiburan itu, dikutip Yahoo News.

Seorang analis budaya mengatakan, penurunan harga saham sudah diperkirakan mengingat pengaruh besar grup terhadap perusahaan.

“HYBE mengandalkan lebih dari 20% sahamnya pada BTS saja. Terlepas dari bagaimana para anggota mengatakan mereka akan membuat album solo, penggemar dan investor bisa terkejut untuk sementara waktu," ujar kritikus budaya Kim Hern-sik mengatakan kepada ABC News.

Sementara itu, ada juga optimisme di kalangan penggemar dan kritikus bahwa BTS hiatus dari penampilan grup berpotensi untuk merevitalisasi grup.

“BTS telah menjadi simbol grup idola K-pop, tetapi ketidakhadiran mereka bisa menjadi peluang bagi grup K-pop lain yang telah dibayangi oleh BTS,” kata kolumnis pop Ha Jae-keun kepada ABC News.

Ha juga menjelaskan bahwa meskipun dua hingga tiga tahun absen sebagai grup, penggemar global akan menyambut grup tersebut kembali selama mereka kembali dengan konten berkualitas.

Arti Hiatus BTS


Pengumuman BTS hiatus ini disampaikan pada acara makan malam Festa 2022 (perayaan ulang tahun debut). Mereka menyatakan akan mengambil jeda dari kegiatan grup untuk fokus pada karier solo.

Setelah para member BTS menikmati minuman dan mengobrol bersama, Suga memulai percakapan dengan mengatakan, "Kami akan hiatus sekarang."

"Haruskah kita berbicara tentang mengapa kita tidak melakukan FESTA [tahun ini] dan mengapa kita tidak membuat banyak konten baru?" lanjut Suga. "Kita harus berbicara tentang arah yang kita ambil.

Masing-masing anggota menyatakan mereka ingin mengambil jeda untuk mengembangkan diri, baik menekuni hobi, maupun berkarya dengan cara solo.

Jungkook BTS melakukan siaran langsung di aplikasi V Live dan mengklarifikasi kesalahpahaman hiatus, dengan mengatakan bahwa BTS akan mengerjakan proyek solo, tetapi itu tidak berarti bahwa mereka akan berhenti bekerja sebagai sebuah tim.

Dia juga menegaskan bahwa BTS tidak bubar — seperti yang mereka tegaskan selama makan malam FESTA — hanya mengambil arah baru, karena mereka akan terus syuting serial web “Run BTS” di aplikasi V Live.

Pada hari Rabu, HYBE juga merilis pernyataan yang menolak penggunaan kata "hiatus". Grup tersebut telah berbicara dalam bahasa Korea dalam pengumuman video mereka dan kata "hiatus" digunakan dalam teks bahasa Inggris.

"BTS tidak mengambil jeda. Anggota akan lebih fokus pada proyek solo saat ini," kata pernyataan agensi, dikutip Variety.


Baca juga artikel terkait BTS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yantina Debora

DarkLight