Menuju konten utama

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok, Apakah Uang Kembali?

Ada beberapa cara membatalkan pesanan di TikTok, bergantung pada tahapan yang sudah dilakukan. Berikut penjelasannya.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok, Apakah Uang Kembali?
Ilustrasi TikTok Shop. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - TikTok Shop adalah fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator mempromosikan serta menjual produk langsung melalui aplikasi TikTok. Fitur ini menjadi kesempatan bagi para pebisnis yang ingin melebarkan peluang bisnis daring.

Pengguna dapat menjual produk melalui in-feed videos, LIVEs, dan tab katalog produk. Fitur ini tersedia untuk pengguna TikTok Shop dengan akun bisnis di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Indonesia.

Belanja lewat TikTok Shop dapat dilakukan melalui berbagai cara. Pengguna dapat melihat video kreator yang menawarkan produk dan melakukan pembelian langsung melalui fitur in-feed videos. Selain itu, pengguna dapat melakukan transaksi jual beli saat kreator melakukan live streaming.

Untuk melakukan transaksi, pengguna perlu memilih barang yang mereka inginkan dan menambahkannya ke keranjang belanja. Setelah itu, pengguna dapat melakukan pembayaran secara online. Lalu, apakah bisa membatalkan pesanan di TikTok Shop?

Apakah Bisa Membatalkan Pesanan di TikTok Shop?

Dikutip dari TikTok Shop Academy, pelanggan dapat membatalkan pesanan di TikTok Shop. Pembatalan pesanan di TikTok Shop juga dapat dilakukan oleh penjual dan secara otomatis dari aplikasi. Jadi, pembatalan pesanan memang dimungkinkan di TikTok, baik oleh penjual maupun pelanggan, dengan memperhatikan persyaratan yang telah ditetapkan.

Berikut penjelasan singkat mengenai pembatalan pesanan di TikTok oleh pelanggan, penjual, dan sistem.

1. Pembatalan pesanan di TikTok oleh penjual

Penjual dapat membatalkan pesanan di TikTok yang sudah dikonfirmasi untuk alasan apa pun setelah periode "Tunggu" atau sebelum status pesanan berubah menjadi "Dikirim".

2. Pembatalan pesanan di TikTok pelanggan

Selain penjual, pelanggan dapat membatalkan pesanannya di TikTok Shop. Pelanggan bisa melakukannya jika status pesanan belum berubah menjadi "Akan Dikirim - Menunggu Pengambilan" dalam satu jam pertama setelah pesanan ditempatkan.

Pembeli juga dapat membatalkan pesanan jika pesanan belum dikirim setelah satu hari kerja, atau jika status pesanan tidak berubah menjadi "Dikirim" setelah tiga hari kerja.

3. Pembatalan pesanan di TikTok secara otomatis

Pembatalan pesanan di TikTok Shop akan terjadi secara otomatis dengan beberapa situasi. Sebagai misal, pembayaran online dari pelanggan belum diterima dalam waktu yang ditentukan. Selain itu, jika penjual tidak mengambil tindakan atas permintaan pembatalan pelanggan dalam waktu 24 jam, pembatalan otomatis akan terjadi.

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Membatalkan pesanan di TikTok dapat dilakukan untuk beberapa kasus, yakni pesanan belum dibayar, pesanan sudah dibayar, pesan Cash on Delivery (COD), dan pesanan yang sudah menunggu penjemputan.

Tiap kasus tersebut memiliki cara pembatalan pesanan yang berbeda. Berikut ini tata cara cancel pesanan di TikTok Shop.

A. Cara cancel pesanan di TikTok Shop yang belum dibayar

Cara membatalkan pesanan di TikTok saat pesanan masih belum dibayar adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi TikTok dan ketuk menu "Shop" di bagian bawah layar.
  2. Pilih opsi "Pesanan" atau "Orders" untuk melihat daftar pesananmu.
  3. Temukan bagian "Belum Dibayar" atau "Unpaid" dan pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  4. Ketuk "Cancel order" di bagian bawah halaman detail.
  5. Pilih alasan pembatalan pesananmu.
  6. Ketuk "Kirim" atau "Submit" untuk mengajukan permintaan pembatalan.

B. Cara cancel pesanan di TikTok Shop yang sudah dibayar

Berikut cara membatalkan pesanan di TikTok ketika pesanan sudah dibayar.

  1. Buka aplikasi TikTok dan pergi ke profilmu.
  2. Ketuk "Your orders" atau "Pesanan anda".
  3. Pilih pesanan yang sudah dibayar dari daftar pesananmu.
  4. Pilih opsi "Batalkan pesanan" atau "Cancel order" di bagian bawah.
  5. Isi alasan pembatalan pesanan.
  6. Ketuk "Kirim" atau "Submit" dan tunggu persetujuan pembatalan dari penjual.

C. Cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah hendak dikirim

Cara membatalkan pesanan di TikTok Shop, jika pesanan sudah menunggu penjemputan, adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Pilih menu "Profil" dan ikon garis tiga.
  3. Pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
  4. Ketuk "Cancel" atau "Batalkan".
  5. Isi alasan pembatalan.
  6. Ketuk "Submit" dan tunggu persetujuan dari penjual.
Untuk pesanan COD, pembeli atau pelanggan perlu mencapai kesepakatan pembatalan bersama penjual. Oleh karena itu, pastikan pesananmu belum dikirim sebelum mengajukan pembatalan. Apabila sudah dikirim, pesanan sudah tidak bisa dibatalkan. Pastikan juga untuk memeriksa dengan cermat sebelum menyelesaikan pembayaran.

Akibat Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Salah satu hal yang kerap ditanyakan terkait uang yang sudah dibayarkan. Lantas, kalau membatalkan pesanan di TikTok apakah uang kembali? Seperti belanja online pada umumnya, membatalkan pesanan di TikTok Shop memiliki dampak tertentu bagi penjual maupun pembeli.

Dilansir TikTok Shop Academy, jika pesanan dibatalkan sudah dibayar tetapi sebelum pengiriman, pelanggan berhak mendapatkan pengembalian uang. TikTok Shop akan memproses permintaan pengembalian sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Kebijakan pengembalian dana atau biaya pengiriman barang bisa bervariasi tergantung pada kebijakan yang ditetapkan oleh TikTok Shop dan penjual terkait.

Adapun pembatalan pesanan akan mengubah status pesanan menjadi "Dibatalkan". Status tersebut memastikan pesanan tidak akan diproses lebih lanjut dan barang tidak akan dikirim.

Selain itu, pembatalan pesanan di TikTok Shop dapat berdampak pada penilaian yang diberikan oleh penjual terhadap pelanggan yang membatalkan pesanan. Dampak ini bisa memengaruhi reputasi pelanggan di platform TikTok Shop.

Baca juga artikel terkait TIKTOK atau tulisan lainnya dari Umi Zuhriyah

tirto.id - Byte
Kontributor: Umi Zuhriyah
Penulis: Umi Zuhriyah
Editor: Fadli Nasrudin